Kendari (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara melaksanakan rapat koordinasi bersama seluruh panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di salah satu hotel setempat membahas pencegahan dan pengawasan masa tenang Pemilu 2024 yang tinggal beberapa hari lagi.

Ketua Bawaslu Kota Kendari Sahinuddin, di Kendari, Senin, mengatakan, di gelarnya rapat ini didasari oleh beberapa faktor di antaranya yang pertama adalah mengonsolidasikan kembali hasil – hasil kerja yang dilakukan Bawaslu selama masa kampanye 28 November 2023 hingga H-5 masa tenang nanti.

“Kami hari ini mengumpulkan 65 orang pengawas kelurahan dan 33 orang pengawas kecamatan untuk konsolidasi terhadap capaian kerja kita hingga saat ini,” kata Sahinuddin.

Ia mengatakan, tujuan kedua ialah sebagai langkah persiapan bagi personel kami tentang bagaimana menghadapi akhir kampanye dan memasuki masa tenang

Sebab menurutnya berbagai kegiatan yang harus dilakukan di masa tenang itu yang memang butuh pengawas – pengawas pemilu misalnya persoalan bagaimana proses pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Khusus untuk pembersihan APK akan kami libatkan juga parpol atau peserta Pemilu dalam melakukan ini dan juga stakeholder terkait untuk bekerja sama,” katanya.

Ia menambahkan, selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pada masa bersamaan pihaknya juga harus memastikan ada pengawasan terkait pendistribusian logistik masa itu yang tentunya butuh perhatian khusus dari Bawaslu.

“Selain itu ada pengawasan pendistribusian form pemberitahuan pemilih yang sama pentingnya guna memastikan benar jangan sampai ini menjadi salah sasaran yang berpotensi penyalahgunaan suara orang lain dan jangan sampai berimbas pada Pemungutan Suara Ulang (PSU),” tambahnya.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024