Kendari (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Bakti Imigrasi (HBI) yang ke-74.

Upacara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari Wira Zulfika, Kepala Kanwil Kemenkumham Silvester Sili Laba, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sultra Silvester Sili Laba saat ditemui di Kendari, Jumat, mengatakan bahwa pelaksanaan upacara tersebut bertemakan "Transformasi peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi.

 "Ini suatu tema luar biasa yang diangkat bagaimana sejarah keimigrasian dari penjajahan kolonial Belanda sampai dengan saat ini," kata Silvester.


  Suasana upacara peringatan HBI ke-74 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra) Ia menyebutkan bahwa dalam peran keimigrasian, pelayanan dan penegakan hukum tidak bisa dipisahkan. Kedua peran tersebut berbarengan untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Silvester meminta kepada seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari untuk terus meningkatkan kedua peran tersebut.

"Pelayanan yang berkualitas, tapi tidak melupakan dengan penegakan hukum pengamanan juga harus betul-betul berkualitas jadi antara pelayanan dan penegakan dan keamanan ini harus benar-benar bersinergi dan tidak bisa dipisahkan," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas juga memiliki integritas yang tinggi serta memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan inovasi-inovasi yang tinggi dan berintegritas.

"Dalam rangka peningkatan pelayanan yang baik dan peningkatan keamanan yang berkualitas dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa," jelasnya.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024