Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kolaka akan melibatkan Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kabag Ops Polres Kolaka, Kompol Gusti.K.Sulastra di Kolaka, Rabu mengatakan kesiapan pengamanan pemilu mendatang sudah mencapai 100 persen dengan melibatkan Polda dan Satuan Brimob Sultra.

"Kita akan di backup oleh Polda dan Brimob dalam proses jalannya pemilihan umum hingga selesai," katanya.

Gusti juga menjelaskan jumlah personil yang akan diterjunkan dari Polda Sultra sebanyak 95 orang sementara dari satuan Brimob sebanyak 100 personil akan turut serta mengamankan pemungutan dan perhitungan suara nantinya.

Selain itu lanjut dia di setiap tempat pemungutan suara (tps) juga nantinya akan ada pihak kepolisian yang ikut menjaga proses pemungutan suara bersama dengan dibantu satuan linmas dari Desa dan Kelurahan masing-masing.

"Kalau TPS kategori kurang rawan akan di jaga satu personil dan empat orang linmas untuk dua tps, sementara yang masuk kategori tps rawan akan di jaga satu personil dan dua linmas," jelas Gusti.

Gusti juga berharap agar warga masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta menjunjung toleransi agar tercipta situasi yang aman dan kondusif pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kita berharap agar pemungutan suara pada Pemilu nanti berjalan damai dan lancar," ungkap Gusti

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024