Kendari (ANTARA) - Detasemen Polisi Militer Pangkalan TNI Angkatan Laut (Denpom Lanal) Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil mengumpulkan sekitar 200 kantong darah selama pelaksanaan donor darah yang melibatkan personel unsur TNI-Polri serta lembaga maritim lainnya di Balai Kesehatan Lanal Kendari, Selasa.

Aksi sosial dalam rangka memperingati HUT ke-78 Pomal ini merupakan upaya Denpom Lanal Kendari dalam mengatasi kekosongan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Sultra saat ini.

"Syukurlah, dengan kegiatan donor, kita berhasil mengumpulkan 200 kantong darah dan darah dari pendonor ini akan disetor ke PMI Kendari yang selama ini kekurangan stok," ujar Komandan Denpom Lanal Kendari Mayor Laut (PM) M. Sufyadin Syah Sidin.

Ia mengatakan aksi donor dalam rangka HUT ke-78 Detasemen PM Lanal Kendari dilaksanakan di Balai Kesehatan Lanal setempat.

Ia mengemukakan selain untuk melatih para Prajurit TNI-AL agar lebih berjiwa sosial terhadap sesama, aksi donor ini juga dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan stok darah yang terjadi saat ini, terutama di PMI Sultra.

"Apalagi saat ini ada kasus demam berdarah (DBD) yang mengalami peningkatan jumlah pasien di beberapa rumah sakit, sehingga kebutuhan trombosit darah juga meningkat," tutur Mayor Sufyadin.



Sementara itu, Kepala UTD PMI Sultra Syahid Khaerullah Hadini mengatakan dalam beberapa bulan ini kasus demam berdarah terus meningkat dan permintaan trombosit darah juga meningkat di UTD PMI Sultra.

"Karena kasus yang meningkat, jadi dalam satu hari sudah habis, kemudian ada lagi donor, tapi langsung habis. Saat ini stok untuk seluruh komponen darah ada sekitar 50 kantong," ujarnya.

Pewarta : Azis Senong/Sahar
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024