Kendari (ANTARA) - Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Tahun 2024 Kabupaten Kolaka Utara, Pj Gubernur, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto SIK MH, melalui Sekda Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD mengajak semua pihak, untuk bersama-sama menjadi pemenang pada abad globalisasi dan modernisasi saat ini di Lasusua, Minggu.

Pj Gubernur Andap menekankan bahwa dalam menatap pembangunan ke depan, tantangan global menanti semua orang. Pijakannya adalah bagaimana berpikir global, berpikir luas, berpandangan dunia, namun tetap berbasis lokal, beraksi lokal, bertindak lokal “think globally, act localy”. Karena, hanya dengan cara itulah, dapat menemukan landasan untuk menjadi pemenang.

"Usia 20 tahun merupakan perjalanan sudah cukup memadai bagi sejarah pembangunan setiap daerah. Dalam mengarunginya, pemerintah sebagai pemangku amanah beserta segenap masyarakat Kolut, telah banyak merasakan dan mengalami pahit-getir dan manisnya perjuangan membangun Kabupaten Kolaka Utara. Hal yang patut disyukuri bersama, bahwa perkembangan pembangunan di Kabupaten Kolaka Utara dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan walaupun di tahun 2019 dan 2020 yang lalu sempat mengalami stagnasi akibat Pandemi Covid-19," katanya.

Dia melanjutkan, berbagai capaian-capaian penting yang diraih selama kurun waktu terbentuknya Kabupaten Kolaka Utara sampai dengan saat ini, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah ini.

"Demikian halnya dengan berbagai penghargaan pembangunan yang telah diraih, tentu menjadi suatu capaian yang akan diukir oleh sejarah. Namun yang pasti, hasil pembangunan yang paling bernilai semenjak di mekarkannya Kabupaten Kolaka Utara 20 tahun silam adalah hasil-hasil pembangunan yang senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kolaka Utara," tuturnya.

Seterusnya, masih Asrun Lio membacakan amanat Pj Gubernur Sultra, di tahun 2024 ini dan selanjutnya, api pembangunan Kabupaten Kolaka Utara harus terus dinyalakan menjadi lebih gemilang lagi, menjadi lebih baik lagi, demi cahaya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kolaka Utara yang lebih baik.

"Untuk itu, tugas pemerintah daerah beserta seluruh pemangku amanah pembangunan Kabupaten Kolaka Utara tanpa kecuali dituntut untuk terus merawat kebersamaan, ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, serta konsisten dalam pencapaian target-target pembangunan," ungkapnya.

Menurunnya, apabila seluruh jajaran aparatur pemerintah dan pemangku amanah termasuk masyarakat Kolaka Utara dapat bersinergi dalam konteks kebersamaan dan kegotong-royongan, Insya Allah obsesi mewujudkan Kabupaten Kolaka Utara yang lebih maju dan sejahtera akan dapat diwujudkan pada semua bidang dan sektor pembangunan.

"Saya yakin bahwa disamping berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Kolaka Utara, tentu masih banyak tantangan dan agenda besar yang mesti secara kolaboratif antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan semua Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara, untuk melakukan sinergitas dalam merealisasikannya. Di hadapan kita terhampar banyak mimpi-mimpi besar yang sangat mungkin kita wujudkan bersama," terangnya.

Daerah Sultra, lanjutnya, memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah sehingga mimpi bersama adalah bagaimana memanfaatkan potensi SDA tersebut secara bijak, untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan hasilnya dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat, antara lain di Kolaka Utara ini kaya dengan potensi sektor pertanian dalam arti luas, sektor pertambangan, sektor pariwisata, pengembangan UMKM, dan sektor lainnya.



"Namun yang terpenting bagi masyarakat Kolaka Utara adalah mempersiapkan diri sendiri, agar kelak kita tidak hanya menjadi penonton dari semua yang akan hadir dalam waktu dekat. Para pemuda kita, perlu menantang diri untuk mempelajari hal-hal baru. Melatih keterampilan baru yang dibutuhkan oleh berbagai sektor yang akan tumbuh," pesannya.

Dalam kesempatan itu juga, Pj Gubernur melalui Sekda Sultra berpesan dan mengajak semua pihak, untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah. Serta bagaimana menularkan rasa cinta itu kepada anak-anak sebagai generasi pelanjut serta kepada masyarakat.

"Refleksikan cinta tersebut dengan kerja-kerja nyata kita untuk Kabupaten Kolaka Utara dan untuk Sulawesi Tenggara. Jaga selalu keamanan dan kedamaian wilayah masing-masing apalagi menyongsong Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden. Saya minta kepada semua pihak, baik penyelenggara Pemilu maupun peserta dan masyarakat Kolaka Utara, mari songsong Pemilu dengan riang gembira. Saya percaya, kita semua yang hadir di sini sependapat, bahwa Pemilu Damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu. Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk senantiasa berkomitmen menjaga kondusivitas dan keamanan selama Pemilu tahun 2024," pesan Pj Gubernur Sultra.

"Sekali lagi kami menyampaikan selamat  merayakan hari jadi ke-20 kepada Pemerintah dan segenap masyarakat Kolaka Utara, dengan harapan dan doa semoga menjadi momentum terbaik untuk melakukan refleksi diri dan berhijrah menjadi Kabupaten yang semakin maju dan sejahtera," ucapnya.

Dalam upacara peringatan tersebut, Pj Gubernur melalui Sekda Sultra menyampaikan rasa hormat kepada seluruh pihak yang telah hadir, diantaranya anggota DPR RI yang sempat hadir, Mantan Bupati Kolaka Utara, Dirjen Otonomi Daerah, kementerian Dalam Negeri RI, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Sulawesi Tenggara yang sempat hadir, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara yang sempat hadir.
  Sekda Sultra Asrun Lio (kiri) mewakili Pj Gubernur Sultra  saat menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu pejabat di Kolut yang memasuki usia pensiun.dalam rangkaian peringatan HUT Ke-20 Kolaka Utara di Lasusua, Minggu.
Selanjutnya, Komandan Lantamal TNI AL Wilayah Sultra, Saudara Penjabat Bupati Kolaka Utara, Saudara Ketua, Wakil Ketua dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Kolaka Utara, Bapak Rektor Institut Pertanian Bogor bersama Dekan Fakultas Ekonomi, IPB, Para Kepala OPD lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara yang sempat hadir, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Segenap Bupati/Walikota, Wakil Bupati Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara dan beberapa Bupati/Walikota tetangga di wilayah Sulawesi Selatan, Para Mantan penjabat Bupati Kolaka Utara, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Organisasi Wanita, dan Organisasi Kepemudaan.

Tak lupa, para Pejuang Pemekaran Kabupaten Kolaka Utara yang sempat hadir; Para Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Budaya, serta Tokoh Perempuan, Para Pelajar, Mahasiswa dan Generasi Muda, Rekan-Rekan Wartawan, Peserta Upacara, Undangan dan Segenap Warga Kolaka Utara.
 
"Saya selaku Penjabat Gubernur dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, tak lupa menyampaikan selamat kepada Kabupaten Kolaka Utara yang kini sudah memasuki usia yang ke 20 tahun. Semoga di usia yang terbilang cukup matang ini, Kabupaten Kolaka Utara akan semakin lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya," tutup Pj Gubernur Sultra.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024