Kendari (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) memberikan tiket mudik gratis Natal dan Tahun Baru untuk rute Baubau-Makassar masih tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Nuraini Dessy, di Baubau, Jumat, mengatakan, armada mudik gratis Natal dan tahun baru untuk rute Baubau-Makassar terdapat tiga kapal yakni KM Sinabung, KM Tilongkabila dan KM Labobar.

"Jadi, untuk KM Sinabung itu sudah selesai (berangkat) tadi malam (3/1), saat ini masih ada lagi KM Tilongkabila pada 6 Januari dan Labobar pada 8 Januari 2024," ujar Dessy didampingi Vice President Usaha Penumpang Non Komersial, Presda Simangasing, dan Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Dicky Dermawandi.

Ia menyebutkan, tiket gratis untuk KM Tilongkabila disiapkan sebanyak 1.061 tiket dan KM Labobar sebanyak 721 tiket.

"Jadi ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keberangkatan kapal Pelni pada tanggal 6 dan 8 Januari 2024," ujarnya.

Ia juga mengatakan, tiket mudik gratis Natal dan tahun baru yang cukup mendadak yang diberikan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mewujudkan keinginan masyarakat yang ingin pulang ketemu keluarga pada momen libur akhir tahun tersebut.

"Tentu ini bonus dari pemerintah untuk masyarakat, dan ini juga tidak hanya di kapal laut tetapi ada juga mudik gratis melalui kereta kalau tidak salah," ujarnya.

Untuk syarat mendapatkan tiket gratis tersebut, kata dia, yang pertama berusia 58 tahun ke atas juga warga yang tidak mampu dengan adanya surat keterangan dari RT atau RW, sedangkan bagi pelajar cukup dengan memiliki kartu pelajar atau mahasiswa.

Selain rute Baubau-Makasar, tambah dia, mudik gratis tersebut juga terdapat di sejumlah rute di nusantara seperti Tanjung Priok- Batam, ruas Tual-Ambon, Jayapura-Biak, Surabaya-Makassar dan beberapa ruas lainnya dengan total tiket yang disiapkan sebanyak 15 ribu lebih.

"Pemberian tiket gratis itu tidak semua, tapi dipilih dari Kemenhub yang ruas (rute) padat," katanya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024