Kendari (ANTARA) - Bupati Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara Abd Azis  meresmikan bantuan rumah korban angin puting beliung di Desa Tondowatu, Kecamatan Uluiwoi, (24/12).

Dalam acara peresmian bantuan rumah tersebut turut dihadiri Anggota DPR RI, Bahtra, Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, Ketua TP PKK Koltim, Hartini Azis, para pimpinan OPD yang sempat hadir, para Kabag, Camat Uluiwoi serta Kepala Desa Tondowatu.

Rilis Dinas Kominfo Koltim yang diterima, Senin, Jumlah bantuan pembangunan rumah yang diberikan oleh Pemda Kolaka Timur sebanyak 16 Unit, bantuan ini merupakan hasil usulan Pemerintah Desa Tondowatu yang sudah melalui verifikasi dari OPD terkait.

Kata Bupati Azis, menyampaikan bahwa Desa Tondowatu ini terdapat kurang lebih 16 unit rumah yang terdampak angin puting beliung termasuk juga ada rumah yang bedah secara total.

"Ini adalah ikhtiar dari Pemerintah daerah Kolaka Timur untuk memaksimalkan semua persoalan rumah yang ada di Desa dan Kelurahan, sehingga kita pastikan ditahun berikutnya sudah tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni," katanya.

Ia menyebutkan, tahun 2023 ini kurang lebih hampir 221 unit yang kita rehap maupun di bedah secara total dan mudah-mudahan kedepan Pemda Kolaka Timur terus berkomitmen untuk membenahi rumah-rumah masyarakat yang tidak layak huni termasuk menekan kemiskinan ekstrim, stunting dan inflasi.

Ditempat yang sama, Rosna salah satu penerima manfaat dari bantuan rumah tersebut mengungkapkan rasa syukurnya terhadap Pemerintah Daerah Kolaka Timur yang telah merespon cepat terkait rumah miliknya yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung

"Terimahkasih kepada Bupati Kolaka Timur yang telah merespon cepat musibah yang telah saya alami," ucapnya.

Dengan bantuan ini, bersama kedua anak saya dapat kembali menempati rumah tersebut setelah beberapa waktu lalu tinggal dirumah orang tua,  Kata Rosna dengan rasa syukurnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Ishak Benhur menambahkan bahwa tujuan bantuan rumah ini adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni dan memberdayakan masyarakat yang berpenghasilan rendah, agar mampu membangun serta meningkatkan kualitas rumah. 

"Tahun 2023 ini, bantuan perumahan di Kolaka Timur yang telah di anggarkan dalam APBD dan di berikan bantuan sebanyak 221 unit rumah dengan rincian bantuan rumah kebakaran 18 unit, bantuan rumah puting beliung sebanyak 148 unit, bantuan rumah bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 55 unit," ujar pria yang biasa disapa Isben ini.

Terkhusus di Desa Tondowatu ini yang di berikan bantuan sebanyak 16 unit dan ini sesuai dengan janji Bupati saat Musrenbang lalu, tutupnya.

Pewarta : Azis Senong/Sahar
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024