Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Baubau, Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan sterilisasi di gereja-gereja didaerah itu untuk menjamin pelaksanaan perayaan ibadah Natal 2023 yang aman dan khidmat. Sterilisasi dilakukan sebelum berlangsungnya kegiatan ibadah malam Natal, Minggu.

Dalam kegiatan sterilisasi itu dipimpin langsung Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk dan diikuti oleh Waka Polres Baubau Kompol Ronald Abdul Gani Sirait, berserta PJU Polres Baubau serta dilakukan sterilisasi oleh Tim Sat Samapta, Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Baubau.

Tim melakukan penyisiran ke setiap sudut bangunan baik di dalam maupun luar ruangan dengan menggunakan alat metal detector dan mirror detector di antaranya Gereja GPIB Imanuel Jln Patimura, Gereja Katholik Santo Paulus Jln Ahmad Yani dan Gereja  Gepsultra Lelemangura Jln Budi Utomo Kota Baubau.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk mengatakan, Polres Baubau telah mengerahkan tim untuk melakukan sterilisasi di gereja-gereja menjelang ibadah malam natal 2023.

"Sterilisasi di gereja-gereja ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan umat Nasrani pada perayaan Natal," ujar Kapolres dalam keterangan tertulis. 

Dalam pengamanan ibadah Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Baubau telah mendirikan sejumlah pos diantaranya, Pos Pengamanan Gereja GPIB Imanuel, Gereja Katholik Santo Paulus, dan Gereja Gepsultra Lelemangura.

Selain itu, Gereja Bethani Umna Wolio Plaza, Gereja GKKA Indonesia, Gereja Kasamea Sorawolio, Gereja GPDI Karmel Liabuku, Gereja Mohelana Liabuku, Pos PAM Lippo Plaza Baubau, Pos Pelayanan Pelabuhan Murhum Baubau dan Pos pelayanan Bandara Betoambari serta Pos Terpadu Pantai Kamali.

Selain mendirikan pos pengamanan di gereja-gereja Polres Baubau juga menempatkan personel untuk mengamankan setiap pelaksanaan kegiatan ibadah Natal di gereja-gereja.

Pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berbarengan dengan tahapan kampanye, Kapolres Baubau mengimbau agar seluruh masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam wilayah hukum Polres Baubau.

"Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas dan menjaga kerukunan Antar Umat beragama, khususnya di wilayah hukum Polres Baubau," tuturnya.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024