Kendari (ANTARA) - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen Pol.(Purn) Andap Budhi Revianto, meresmikan jalan Kembar Kali Kadia yang akan menjadi jalan penghubung antara kawasan produktif di Kota Kendari.

"Jalan kembar yang diberi nama Jalan Z.A Sugianto dan Jalan H.E.A Mokodompit ini akan dimanfaatkan terutama untuk menghubungkan kawasan bisnis dan pendidikan serta kawasan publik di Kota Kendari,” kata Andap saat meresmikan jalan kembar itu di Kendari, Minggu.

Pada kesempatan itu, Andap mengatakan beberapa fungsi jalan kembar yang menelan anggaran sebesar Rp204 miliar itu yakni pertama mengurai kemacetan.

“Jalan ini akan mengurai kemacetan khususnya jam pergi dan pulang kerja yang terjadi di ruas Jl. Z.A Sugiarto dan Jl.Jembatan Pasar Baru,” katanya

Fungsi kedua, masyarakat Kota Kendari bisa mengefesienkan waktu khususnya saat berkendara sehingga waktu untuk produktif lebih banyak.

Ketiga, masyarakat lebih mudah mencapai fasilitas umum yang terkait dengan kepentingan publik, sosial dan Pendidikan di Kota Kendari.

"Keempat, dapat memajukan pertumbuhan ekonomi karena mempercepat pengembangan akses bisnis terpadu yang ada di sekitar,” katanya.

Andap Budhi berharap dengan dibukanya jalan kembar Kali Kadia ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat demi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di Kota Kendari.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan bahwa Pemkot Kendari sangat antusias dan berterima kasih atas peresmian jalan kembar yang memiliki panjang 4,1 Kilo meter ini.

"Akhirnya masyarakat Kota Kendari bisa memanfaatkan jalan yang dibangun sejak Oktober 2021 silam ini,” katanya.


Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024