Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota atau Pemkot Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau kepada seluruh warga untuk selalu menjaga diri dan waspada terhadap penyebaran COVID-19 saat peringatan Natal 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024.

"Terkait yang terkonfirmasi (COVID-19) itu Alhamdulillah di Kota Kendari ini belum ditemukan adanya kasus, tetapi kami tidak tinggal diam, kami sudah mengeluarkan edaran walikota terkait hal ini kepada masyarakat," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu saat ditemui di Kendari, Sabtu.

Dia mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat yang merasa mendapati gejala COVID-19 untuk segera melaporkan ke fasilitas layanan kesehatan terdekat, entah di Puskesmas ataupun rumah sakit.

Asmawa juga meminta kepada seluruh warga Kota Kendari untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan dan selalu menggunakan masker di tempat-tempat publik ataupun di titik-titik keramaian.

"Kalau merasa kurang sehat maka menggunakan masker, dan di tempat-tempat publik yang dirasakan untuk harus pakai masker maka gunakan masker," pinta Asmawa.

Dia juga menyebutkan bahwa pihaknya saat ini telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19 saat Natal dan Tahun Baru 2024.

"Manakala ditemukan gejala COVID-19, maka akan langsung ditindaklanjuti, tapi sampai hari ini Alhamdulillah belum ada," ujarnya.

Selain pencegahan COVID-19, Asmawa juga membeberkan kesiapan Pemkot Kendari dalam rangka perayaan Natal 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024.

"Tentang kesiapan Nataru (Natal dan Tahun Baru), pemerintah kota memastikan terkait ketersediaan bahan pokok, menjelang Nataru dipastikan bahwa jalur distribusi aman dan kemudian tersedia," ucap Asmawa.

Sedangkan untuk pengamanan dan ketertiban, lanjut Asmawa, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polresta Kendari dengan melibatkan petugas-petugas Pemkot Kendari untuk mengikuti apel siaga bersama Polda Sultra dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dan salah satu yang kita lakukan terobosan adalah membuka pemanfaatan inner ring road yang selama ini belum digunakan mulai insya Allah besok sore itu akan diresmikan oleh PJ Gubernur Sulawesi Tenggara nah itu adalah salah satu langkah mengurai kemacetan yang terjadi di kota Kendari ini dari tiga ruas Jalan iner ring road itu akan kita buka itu dari sisi keamanan ketertiban termasuk lalu lintas," beber Asmawa.

Kemudian, kata Asmawa, untuk tempat-tempat wisata di Kota Kendari, pihaknya telah mengkonsolidasikan bersama dengan Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu dan memfasilitasi masyarakat.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024