Kendari (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan Pencanangan Kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-78  tahun 2024 di pelataran Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, Jumat. 

Dibuka langsung Kakanwil Kemenag Sultra H.Muhamad Saleh, pencanangan HAB Kemenag ke-78 dengan tema "Indonesia Hebat Bersama Umat" turut dihadiri Pj. Gubernur yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Provinsi  Sultra, La Ode Saifuddin.

Selain itu juga hadir, Kasatgaswil Densus 88 Polri Sultra Kombes pol Mas Jaya, Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, Ny. Nurna Saleh, Pejabat Adminstrator Kanwil Kemenag Sultra, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Sultra, tokoh agama dan sejumlah tamu undangan.

Kakanwil dalam sambutannya mengatakan, Pencanangan Kegiatan HAB Kemenag ke-78 tersebut merupakan komitmen akan nilai kebersamaan. Untuk itu, setiap satker harus mengikuti dan menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan HAB sesuai dengan Juknis yang dikeluarkan oleh Kemenag RI. 

"Tidak ada pawai dan jalan santai mengingat kita memasuki tahun politik, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus wujud komitmen Kemenag Provinsi Sultra sebagai ASN yang netral dalam menghadapi pesta demokrasi," tegas Kakanwil. 

Kakanwil menambahkan, peresmian pemanfaatan ruang Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam (eLiPSKi) atau perpustakaan digital masjid Amal Bakti Kemenag Provinsi Sultra, nantinya akan terkoneksi dengan aplikasi Pusaka Kemenag.

"Kemenag Provinsi Sultra adalah yang pertama meresmikan perpustakaan digital Masjid Amal Bakti, dari seluruh Kanwil Kemenag se Indonesia," ungkapnya. 

Sementara itu, Pj. Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, mengapresiasi Pencanangan kegiatan HAB yang dirangkai dengan peresmian Perpustakaan Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam Masjid Amal Bakti Kanwil Kemenag  Sultra. Menurutnya, keduanya merupakan kegiatan yang luar biasa dalam meningkatkan kinerja Kemenag Sultra.

Dikatakan Pj. Gubernur, peresmian Perpustakaan digital Masjid Amal Bakti merupakan ikhtiar Kemenag dalam percepatan layanan digital. Digitalisasi layanan ini memiliki arti yang sangat penting bagi Kemenag Sultra dalam membangun jati diri bangsa dan membentuk masyarakat menjadi insan yang bermartabat. 

Peresmian ini lanjutnya, diharapkan mampu membangkitkan peran masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi pusat literasi, peradaban dan pusat pemberdayaan masyarakat. 

"Semoga kegiatan ini menjadi kegiatan yang berkualitas sehingga membuahkan energi baru dalam mewujudkan masyarakat yang hebat bersama umat, menuju Sultra yang aman dan damai, serta menciptakan masyarakat yang agamis, bermoral dan berakhlak," ujarnya. 

Di momentum tersebut, Kakanwil menyerahkan santunan kepada keluarga kurang mampu yang diwakili keluarga lintas agama. Selain itu, Kakanwil juga menyerahkan bantuan bagi beberapa penarik becak yang ada di Kota Kendari. 

Pencanangan Kegiatan HAB Kemenag ke-78 Tahun 2024 lingkup Kanwil Kemenag Sultra ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon udara.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024