Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan penanaman pohon endemik Sultra di Ruang Terbuka Publik (RTP) Kali Kadia Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari, Kamis, mengatakan penanaman 100 pohon endemik Sultra ini merupakan langkah kongkrit untuk pelestarian lingkungan dan edukasi ke masyarakat.

"Saya apresiasi langkah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari. Ini merupakan terobosan," katanya saat peluncuran gerakan penanaman pohon endemik Sultra di Kendari.

Menurut Asmawa, penanaman pohon endemik ini merupakan bentuk inovasi untuk melestraikan tanaman–tanaman yang hampir sudah tidak dikenali lagi oleh mayoritas masyarakat.

100 pohon endemik Sultra yang ditanam di RTP Kali Kadia ini antara lain Pohon Oloho, Pohon Ruruhi, Pohon Singi, dan Pohon Ongohi.

Sementara Kepala DLHK Kota Kendari Paminuddin sebagai penanggung jawab kegiatan penanaman mengatakan hal tersebut merupakan langka awal dalam melakukan penanaman pohon endemik khas Sultra di lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Terbuka Publik (RTP) Kota Kendari.

"Ke depan akan dilanjutkan di RTP dan RTH lain yang tersebar di Kota Kendari," katanya.

Kegiatan penanaman pohon ini dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Kota Kendari, sekaligus dilakukan penanaman pohon secara seremonial.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024