Kendari (ANTARA) -
Transaksi Saham para investor di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Januari hingga November 2023 mencapai Rp1.438.786.073.428 (1,4 triliun rupiah)

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) atau IDX Sulawesi Tenggara, Bayu Saputra dalam pernyataan resmi yang diterima, (20/12), IDX Sultra terus aktif dan konsisten dalam melaksanakan pemasyarakatan pasar modal dengan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara, ada 6 perwakilan perusahaan sekuritas dan 16 galeri investasi BEI se-Sultra.

IDX Sultra sendiri kata Bayu, pada Januari-November telah melaksanakan sebanyak 500 kali kegiatan edukasi dan sosialisasi keuangan khususnya pasar modal ke berbagai kalangan masyarakat, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai swasta, pengusaha hingga pegawai negeri.

Dan, salah satu program edukasi unggulan dari IDX Sultra yaitu Sekolah Pasar Modal yang membekali masyarakat untuk dapat melek keuangan dan siap melakukan praktek menjadi investor di Pasar Modal, baik itu sebagai investor saham maupun investor obligasi dan reksa dana. 

"Per 1 Desember 2023, tercatat sebanyak 65.373 warga Sulawesi Tenggara telah menjadi investor di Pasar Modal Indonesia, yang mana terdapat 18.653 investor baru sepanjang tahun 2023 atau tumbuh sebesar 40 persen," sebutnya.

Apabila dijabarkan, mayoritas investor saham di Sulawesi Tenggara berasal dari Kota Kendari dan Kota Kolaka dengan total asset saham sebanyak 283,6 miliar rupiah. 

Dari segi background pekerjaan, lanjut Bayu Saputra, jumlah investor saham di Sulawesi Tenggara didominasi oleh kalangan pelajar/mahasiswa dan pegawai swasta, serta dari asal gender investor saham tersebut merupakan laki-laki (65 persen) dan perempuan (35 persen). 

Pesatnya peningkatan jumlah investor di pasar modal tersebut juga diikuti dengan pengembangan pusat informasi pasar modal yang tersebar di Sulawesi Tenggara, salah satu pusat informasi dan pembelajaran Pasar Modal yaitu melalui Galeri Investasi BEI yang pada tahun 2023 sudah berjumlah 16 Galeri investasi BEI atau terdapat penambahan sebanyak tiga Galeri Investasi BEI baru di tahun 2023. 

Dan adapun Galeri Investai BEI yang baru tersebut yakni Galeri Investasi BEI Perpusda Provinsi Sulawesi Tenggara, Galeri Investasi BEI Fakultas Pertanian UHO, dan Galeri Investasi Fakultas Hukum UHO.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong/Muh.Hariyanto
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024