Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara mengapresiasi salah satu perusahaan asal Bombana jadi UMKM terbaik Nasional yang menerima penghargaan tertinggi dari Mitra BUMN Champion 2023.

"Atas nama pemerintah Bombana memberi apresiasi pada 'UD Bombana Zakkir Group (UD BZG), perusahaan yang bergerak di bidang produksi arang menjadi terbaik ke tiga nasional yang diberikan Mitra BUMN Champion 2023.

Untuk diketahui kata Sekda, pemerintah melalui Kementerian BUMN menggelar program Apresiasi Mitra BUMN Champion sebagai bentuk apresiasi kepada mitra BUMN atas kolaborasi yang mendukung pencapaian kinerja BUMN khususnya tahun 2022 secara baik dan sehat.

Program Apresiasi Mitra BUMN Champion adalah mendorong semangat kolaborasi BUMN dengan para mitra termasuk UMKM di seluruh tanah aii agar usahanya dari tahun-tahun tercipta iklim usaha yang kondusif dan terus maju.

Dan Apresiasi Mitra BUMN Champion 2023 diberikan melalui rangkaian proses seleksi dan penilaian yang dilakukan dengan dasar kinerja kemitraan selama tahun 2022.

Pimpinan perusahaan UD Bombana Zakkir Group, Syahril Muzakkir dalam pernyataan tertulis mengatakan bahwa perusahaannya meraih penghargaan kategori UMKM supplier produk ekspor untuk arang briket dan arang batok kelapa.

"Alhamdulillah, kami bisa meraih penghargaan ini, tentunya ini menjadi semangat kami untuk terus berkarya," ujarnya.

Syahril menjelaskan, perusahaannya berdiri sejak tahun 2019. Perusahaan tersebut beralamat di Desa Mulaeno, Kecamatan Poleang Tengah. Sejak berdiri, perusahaan itu sudah berkomitmen untuk memanfaatkan hasil pertanian yakni kelapa yang banyak dijumpai di Bombana.

"Dan saat ini kami baru memiliki karyawan 10 orang, dengan produk utama yaitu produksi arang batok kelapa dan briket arang batok kelapa," lanjutnya.

Perusahaan tersebut bahkan sudah aktif dalam melakukan ekspor produknya luar negeri dengan negara tujuan Tiongkok melalui perusahaan lain dari Surabaya.

"Jadi saat ini, kami yang suplai arangnya dalam sebulan baru mengekspor 50–75 ton," tuturnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024