Kendari (ANTARA) - Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abdul Azis menyebutkan bahwa saat ini pemerintah daerah (Pemda) tengah memaksimalkan bantuan untuk memajukan para pelaku dan produk usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM lokal di Kabupaten Koltim, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

"UMKM ini kan salah satu yang bisa mendorong bagaimana membuka lapangan pekerjaan di Kabupaten Kolaka Timur, kami di Tahun 2022 itu sangat support (membantu) UMKM yang ada di Kabupaten Kolaka Timur, kurang lebih ada beberapa UMKM di sana itu kita maksimalkan bantuan dari pemerintah daerah," kata Bupati Koltim Abdul Azis saat ditemui di Kendari usai menghadiri pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten Koltim, Sabtu.

Selain itu, Abdul Azis juga mengatakan bahwa pihaknya juga turut membantu dalam hal pemasaran produk UMKM lokal Koltim dengan mempromosikannya melalui kegiatan-kegiatan yang digelar di tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi.

"Yang kedua bagaimana kita melihat prasarana yang ada atau yang dimiliki UMKM ini yang kita upgrade, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan dengan pasar yang ada," ucap Abdul Azis.
  Bupati Abdul Azis bersama Ketua Dekranasda Kolaka Timur Hartini Azis. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra.)
Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya juga telah menginstruksikan kepada setiap Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan bantuan dan memantau seluruh UMKM yang ada di kabupaten Koltim.

"Dan sekarang ini sementara berlangsung fun festival di Kabupaten Koltim, ini salah satunya strategi untuk memperkenalkan produk-produk lokal UMKM Kabupaten Kolaka Timur sehingga bisa dikenal dan diketahui oleh seluruh khalayak sehingga produk-produk yang ada di Kabupaten Kolaka Timur bisa diekspor keluar," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Koltim Hartini Azis menyampaikan bahwa pihaknya juga terus bekerjasama dengan seluruh pelaku UMKM se-Kabupaten Koltim untuk mempromosikan produk-produk dagangan mereka.

"Untuk mempromosikan produk UMKM lokal Kabupaten Kolaka Timur, kami bersinergi dengan pemerintah daerah Kolaka Timur beserta Dekranasda untuk memajukan dan meningkatkan produksi yang ada di Kabupaten Kolaka Timur dan satu tenun kami di Kabupaten Kolaka Timur sedang meningkatkan promosi-promosinya, yaitu kain tenun sorume khas Kabupaten Koltim, sekaligus dengan produk-produk UMKM," tambah Hartini Azis.

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024