Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra)  Andap Budhi Revianto membagikan  5.000 kupon senilai Rp100.000 kepada masyarakat khususnya untuk warga yang kurang mampu di Kota Baubau.

Penyerahan kupon tukar sembako berlangsung di Kotamara, Sabtu, juga bersamaan dengan pemberian bantuan mesin jahit kepada masyarakat kurang mampu yang sudah didata Dinas Sosial dan disalurkan pihak kelurahan ke masing-masing penerima.

Dinas Perdagangan Sultra selaku penyelenggara berkolaborasi bersama Bulog Baubau sebagai penyedia paket sembako berisi beras 5 kilogram, minyak goreng dan gula pasir.

Pj Gubernur Sultra menyebutkan anggaran kupon bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) provinsi yang diperuntukkan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Jadi kegiatan kita ini dalam rangka distribusikan sembako dan pasar murah demi mensejahterakan masyarakat karena mereka memiliki hak konstitusional untuk itu, secara keseluruhan kegiatan ini bertujuan untuk pengendalian Inflasi di Sultra," ujar Pj Gubernur Sultra didampingi Pj Walikota Baubau Muh.Rasman Manafi.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara Sitti Saleha menyebutkan posisi inflasi Sultra saat ini di angka 2,8 dari sebelumnya 3,14.

Kota Baubau masuk dalam deretan daerah di Sultra dengan inflasi tertinggi sehingga  kegiatan pasar murah dengan metode tukar kupon merupakan intervensi dan  kebijakan Pemerintah menekan  inflasi dan gejolak harga kebutuhan pokok serta penanganan kemiskinan ekstrim.

"Kota Baubau masuk daerah tertinggi inflasinya sehingga gubernur melaksanakan langkah konkrit untuk penanganan inflasi salah satunya pasar murah ini dan Baubau daerah ke empat lokasi kegiatan pasar murah di Sultra," ujarnya.

Antusias warga datang menukarkan kuponnya cukup tinggi hingga desak-desakan dan saling dorong tak terelakkan saat tiba waktu penukaran.

"Walaupun kami berdesak-desakan dan antri lama untuk menukar kupon dengan mendapat sembako, adalah hal yang wajar di setiap suasana seperti ini," ujar salah satu warga.


Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024