Kendari (ANTARA) - Bupati Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Abd Azis mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Antar Desa (Porades), merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pencarian bibit yang ada dalam setiap desa.

Pernyataan itu di sampaikan bupati, saat membuka Porades, di Kecamatan Tinondo, yang dilaksanakan  di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Tinengi Kecamatan  Tinondo, Jumat (8/12).

Hadir mendampingi, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, Camat Tinondo H Ahmad, Ketua Askab PSSI Koltim Risman Kadir, unsur TNI/Polri, dan sejumlah pimpinan OPD, serta ratusan peserta dan masyarakat sekitar.

Pekan olahraga antar desa tahun ini dilaksanakan secara serentak 12 Kecamatan, 117 desa dan 16 kelurahan, yang nantinya akan menghadirkan atlet-atlet andalan masing-masing desa dan kelurahan.

"Harapan kami, mudah-mudahan kegiatan seperti ini, bukan hadiahnya hadiahnya yang kita kejar, tetapi manfaat kegiatan Porades ini adalah bagaimana kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan bisa kita dapatkan," harapnya.

Melalui Porades ini juga kata dia, membuka peluang  bagi masyarakat pelaku UMKM, akan memberikan dampak peningkatan ekonomi, ysng juga menjadi salah satu strategi guna menekan angka inflasi termasuk juga kemiskinan ekstrim.

Dengan kegiatan Porades ini sebutnya, dapat memotret potensi-potensi sumber daya manusia khususnya atlet yang ada di desa hari ini, karena masing-masing desa  telah mengirim atlet sepak bola termasuk dan voli, nantinya KONI Koltim sendiri, betul-betul melihat atlet-atlet ini untuk bisa dibina secara berkelanjutan.

"Jangan sudah bertanding kita biarkan begitu saja, diharapkan bagaimana kita bisa bina secara terus menerus, agar bisa diikutsertakan pada agenda di tingkat provinsi maupun tingkat nasional kita sudah ada bibit dan stok atlet. Sehingga, tidak ada yang merekrut pemain luar, karena sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Kolaka Timur luar biasa, tinggal bagaimana pengelolaannya," ujarnya. 

Mudah-mudahan dengan agenda seperti ini, kalau ada kegiatan di tingkat provinsi dan tingkat nasional, kita sudah bisa berdiri tegak, tidak lagi merekrut atlet dari luar. 

Ia juga meminta kepada seluruh peserta dan masyarakat, untuk tetap menjaga persatuan dan  persaudaraan dan kekompakan.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024