Kendari (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong terbentuknya sinergitas pusat dan daerah dalam mempermudah pelayanan berbagai perizinan masuk ke daerah.

Kadis DPMPTSP Sultra Parinringi, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Rabu mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah melakukan rapat koordinasi konsultasi terkait kebijakan investasi pusat dan daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Jadi rapat pertemuan yang kami lakukan dengan Deputi Bidang Hirilisasi Investasi Strategis, membahas terkait isu-isu strategi peningkatan hirilisasi guna mendukung kegiatan investasi berkualitas dan berkelanjutan.

Mantan Pj Bupati Kolaka Utara dan Wakil Bupati Konawe itu mengatakan, pentingnya dukungan penuh dari seluruh daerah dan pihak terkait dalam meningkatkan investasi di 'Bumi Anoa' Sulawesi Tenggara.

Hasil rapat kordinasi ini, menghasilkan beberapa rekomendasi strategis diantara pembentukan kawasan industri serta kerjasama antar daerah.

"Dua hasil rekomendasi ini  dimaksudkan agar pemerintah diwajibkan mendorong terbentuknya kawasan industri di wilayahnya yang memiliki potensi sumber daya alam yang memang belum memiliki kawasan industri. Sementara kerjasama antar daerah adalah bagaimana infrastruktur dan sumber daya manusia, singkronisasi regulasi dan sinergi pemerintah pusat dan daerah," tutur Parindringi.

Ia juga menambahkan, dengan adanya regulasi itu, diharapkan Sulawesi Tenggara menjadi magnet investasi yang menarik dan mampu menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024