Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj)  Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto memberikan penghargaan kepada ratusan guru dan siswa yang berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional di momen peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023.

Pj Gubernur Sultra Andap di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa sebanyak 100 siswa berprestasi diberi penghargaan beasiswa sebesar Rp1,5 juta per siswa.

"Sedangkan untuk guru, terdapat sebanyak 20 orang yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional diberi penghargaan masing-masing satu unit laptop untuk membantu menunjang serta meningkatkan lagi pengembangan ilmu pengetahuannya, khususnya di bidang teknologi," kata Andap usai memimpin Upacara peringatan HGN dan HKN yang ke-59 di Lapangan Kantor Gubernur Sultra.

Selain kepada guru dan siswa yang berprestasi, lanjut Andap, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada dua tenaga kesehatan (Nakes) yang berprestasi di tingkat nasional dan empat orang pegawai purnabakti Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra.

"Rangkaian penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Provinsi Sultra dalam mendukung pendidikan dan kesehatan di wilayah Bumi Anoa," ujar Andap.

Sekretaris Jendral Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) itu juga menjelaskan bahwa momen HGN terus diperingati dalam setiap tahun yang jatuh pada tanggal 25 November tiap tahunnya.

"Sebagai anak didik, kita wajib memberikan penghormatan kepada para guru yang telah berperan besar dalam dunia pendidikan. Guru adalah kompas yang mengaktifkan magnet keingintahuannya, pengetahuan, dan kebijaksanaan dalam diri kota siswa," sebut Andap.

Pada momen tersebut juga, Andap mengungkapkan rasa terimakasih kepada para guru di Provinsi Sultra yang telah melahirkan banyak orang-orang lokal yang sukses, serta juga kepada para Nakes yang telah bekerja tanpa pamrih kepada masyarakat.

Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para guru. Karena berkat jasa merekalah banyak lahir orang-orang sukses. Juga berterima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja tanpa pamrih kepada masyarakat.

"Terimakasih bapak dan ibu guru kami. Terimakasih pula kepada para tenaga kesehatan atas dedikasinya. Semoga membalas Allah SWT membalas dedikasi kalian selama ini," jelas Andap.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024