Kendari (ANTARA) - Polresta Kendari, Kepolisian Daerah  Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan sebanyak 835 personel untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa seluruh personel tersebut akan mengamankan pemilu di empat kabupaten/kota di Sultra yang masih masuk dalam wilayah hukum Polresta Kendari.

"Yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, dan Kota Kendari sendiri," kata Eka Fathurrahman.

Dia menyampaikan bahwa pengamanan pemilu tersebut dilakukan untuk menciptakan suasana yang kondusif pada tahapan hingga pasca perhitungan suara.

"Dan juga untuk menyukseskan pesta demokrasi yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia," ucapnya.

Eka Fathurrahman menyebutkan bahwa dalam pengamanan pemilu, pihaknya membagi jumlah personel sesuai dengan tahapan pemilu yang telah ditetapkan. Dimana, personel yang diturunkan untuk melakukan pengamanan pada saat pendaftaran calon sebanyak satu per tiga atau 278 personel, kemudian penetapan dan pengumuman daftar calon tetap (DCT) sebanyak 278 personel.

"Untuk pengamanan kampanye akan diturunkan sebanyak 278 personel, masa tenang 167 personel, pemungutan dan penghitungan suara sebanyak dua per tiga atau 557 personel, rekapitulasi hasil suara 139, penetapan 278, sengketa Pemilu 209, dan pelantikan DPRD kabupaten/kota," sebutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam proses pengamanan, pihaknya akan menambah personel dari Polda Sultra dan prajurit TNI dari Korem 143/HO apabila nantinya eskalasi kerawanan mulai meningkat.

"Kami juga mendapat dukungan dari Polda Sultra dan Korem 143/HO," jelas Eka Fathurrahman.

Selain itu, lanjut Eka Fathurrahman, pengamanan Pemilu juga dilakukan di media sosial dengan menyiapkan tim siber untuk memantau adanya ujaran kebencian atau berita hoaks yang bisa memicu terjadi konflik di tengah masyarakat menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Dia juga mengingatkan seluruh personel jajaran Polresta Kendari agar menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024