Kendari (ANTARA) - Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan razia penertiban parkiran kendaraan roda empat dan roda dua aparat yang tidak taat aturan. 

"Sebanyak 16 kendaraan milik anggota Polri yang terparkir tidak sesuai pada tempatnya dirazia. 
Upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Perintah (Sprin) Kabidpropam Polda Sultra Komisaris Besar Polisi (KBP) Moch Sholeh, kepada personel Propam untuk melaksanakan Gaktiblin," ungkap Kabid Propam melalui Kaurbinplin Subidprovos AKP Ali Jufri, Rabu.

Gaktiblin  merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota sebagai bentuk pengawasan internal kepada seluruh personel Polri sebagaimana perintah pimpinan.

Kegiatan ini melibatkan personel dari Subbidprovos Bidpropam Polda Sultra, dan sasaran penertiban mencakup kendaraan roda empat dan roda dua yang parkir di lokasi tersebut.

"Dari hasil pelaksanaan Gaktibplin, telah ditemukan sebanyak 16 kendaraan baik roda dua dan empat milik personel Polri yang terparkir tidak sesuai  tempatnya," ungkap AKP Ali Jufri.

Untuk menegakkan aturan parkir, tindakan yang diberikan meliputi pemasangan stiker tanda larangan parkir, menggembosi ban kendaraan yang melanggar, dan memberikan teguran langsung kepada pemilik kendaraan yang melanggar aturan parkir.

Upaya penertiban parkir ini dilakukan guna menjaga ketertiban di area parkir dan memastikan bahwa kendaraan parkir sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Polda Sultra dalam memastikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat serta personel yang berada di area Mapolda Sultra.

Usai melaksanakan penertiban kendaraan, personel Propam juga melaksanakan pemeriksaan terhadap personel meliputi sikap tampang dan gampol.

Hasilnya ada tiga personel yang memiliki rambut panjang seketika langsung dicukur di tempat dan push-up sebanyak 30 kali.

Upaya Gaktibplin merupakan salah satu langkah dalam menjaga ketertiban dan disiplin di lingkungan kepolisian.

Melalui kegiatan ini, Polda Sultra berkomitmen untuk memastikan bahwa personelnya selalu mematuhi peraturan dan standar ketertiban yang berlaku.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024