Kendari (ANTARA) - Ratusan Mahasiswa dan elemen masyarakat, termasuk sejumlah komunitas, ormas dan lembaga Islam lainnya di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menggelar aksi solidaritas dukungan terhadap rakyat Palestina.

Dalam orasinya, Rabu, sejumlah Mahasiswa mengajak masyarakat turut berempati dan peduli terhadap derita yang dialami warga Palestina.

Aksi ini menempuh rute cukup panjang, mulai di Stadion Betoambari, UM Buton, Pantai Kamali hingga terakhir berorasi di Kantor Wali Kota Baubau.

Muhammad, salah satu inisiator aksi mengungkapkan, gerakan solidaritas tersebut merupakan wujud dukungan terhadap Palestina. Penderitaan warga sebagai akibat kekejaman zionis Israel menyisakan luka mendalam bagi seluruh umat manusia di berbagai negara, termasuk Indonesia lebih khusus di Kota Baubau.

"Apa yang dialami masyarakat Palestina wajib kita rasakan, duka mereka juga duka kita semua, kita bisa merasakan hidup enak di tanah kita berdasarkan dukungan yang diberikan Palestina saat kita ingin merebut kemerdekaan kala itu," ujarnya.

Aksi damai tersebut dirangkaikan dengan penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dari sejumlah Universitas di Baubau terhadap penderitaan kaum Muslim di tanah Palestina. Penggalangan dana ini bekerjasama Komite Nasional Relawan Palestina (KNRP).

"Sehingga donasi yang akan kita berikan kepada Palestina memiliki kekuatan hukum dan akan sampai ke rakyat Palestina," tuturnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024