Baubau (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Baubau, Sulawesi Tenggara, AKBP Bungin Masokan Misalayuk menyebut personel gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan operasi Mantap Brata Anoa 2024 didaerah itu berjumlah sekitar 360 personel gabungan.

"Jadi ini gabungan dengan TNI juga dengan kita, terus disebar ke beberapa titik yang disesuaikan dengan titik-titik kerawanannya dan sesuai dengan klasifikasi daripada TPS-nya nantinya," ujar Kapolres AKBP Bungin, usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 Diwilayah Hukum Polres Baubau, di Halaman Mapolres Baubau, Selasa.

Untuk diwilayah hukum Polres Baubau, kata dia, kerawanan pemilu juga ada kerawanan terkait letak geografisnya, seperti wilayah pulau Batuatas dan Kadatua (Buton Selatan).

"Jadi itu karena faktor alam kita anggap juga rawan itu karena agak jauh dari daratan," kata mantan Kapolres Buton Utara ini.

Terkait skema pengamanan jika terjadi kegaduhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), kata dia, bahwa pihaknya sudah melaksanakan sistem pengamanan kota beberapa waktu lalu sebagai langkah upaya dalam pengamanan terkait hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi kita memang sudah mengantisipasi adanya kejadian-kejadian yang kita tidak inginkan, kita sudah siap dengan skala prioritas apa yang akan kita lakukan dan langkah-langkah taktisnya yang sudah kita siapkan," tuturnya.

Jelang Pemilu 2024, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat memilih secara cerdas dan tidak gampang terprovokasi oleh isu-isu sara atau yang provokatif untuk mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Disamping itu, mengenai netralitas Polri, Kapolres AKBP Bungin mengatakan bahwa sesuai arahan Kapolri, Kapolda atau secara berjenjang ditegaskan bahwa Polri netralitas itu dikedepankan.

"Diimbau juga kepada rekan-rekan di lapangan agar hati-hati dalam melakukan tindakan-tindakan khususnya tindakan hukum, harus mengedepankan dan berkoordinasi dengan Bawaslu juga," demikian Kapolres Baubau.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan diikuti oleh Subdenpom Baubau, Kompi 725 Woroagi, Pos TNI AL, personel Polres Baubau, Sat Pol PP Baubau, Dishub, Damkar dan Keselamatan, Dinas Kesehatan, Basarnas, BPBD dan Senkom Mitra Polri Kota Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024