Kendari (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, meningkatkan semua jenis layanan termasuk menyosialisasikan secara masif pembelian tiket melalui aplikasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan tiket.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Dicky Dermawandi, di Baubau, Rabu, mengatakan selepas mendapatkan penghargaan pelayanan prima dari Walikota Baubau, pihaknya terus berbenah untuk memberikan peningkatan pelayanan khususnya pelayanan penjualan tiket.

"Pelni Baubau terus melakukan sosialisasi secara masif pembelian tiket kapal Pelni berbasis aplikasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan tiket, sehingga calon penumpang tidak usah jauh-jauh datang antri ke loket. Jadi ini bisa dipermudah, bisa dilakukan pembelian tiket dari rumah dan pembayarannya pun bisa melalui ATM dan transfer," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pelni saat ini sudah mempunyai jaringan resmi penjualan tiket secara online khususnya Mobile Pelni yang bisa diunduh dengan mudah di aplikasi melalui Playsore atau Fstore. Didalam aplikasi pemesanan tiket Pelni itu, calon penumpang dapat langsung membeli tiket dan mengisi identitas termasuk melakukan pembayaran secara digital.

Selain itu, lanjut Dicky, tiket elektronik juga dapat tersimpan dengan barcode atau kode batang yang bisa ditukarkan dengan tiket boarding dipelabuhan keberangkatan. Bahkan keunggulan pembelian tiket secara online tentu tidak dibatasi waktu atau kapan saja pelayanan 24 jam selama tiket tersedia.

"Jadi, Pelni berkomitmen akan terus meningkatkan layanan dari proses pelayanan penumpang dari mulai pre onboat, on boat dan pos onboat sehingga masyarakat pengguna jasa merasa aman dan nyaman saat bepergian naik kapal Pelni dari mulai proses pembelian tiket, pelabuhan keberangkatan, di atas kapal sampai dengan pelabuhan tujuan," ujarnya.

Untuk layanan di atas kapal pasca pandemi COVID-19, kata dia juga, sarana  hiburan band dan bioskop akan diberikan dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, begitu pun menu makan yang lebih layak dan bervariasi.

"Untuk layanan on boatnya atau di atas kapal, ke depan Pelni pun akan memberikan layanan yang lebih baik, dimana di atas kapal ada layanan-layanan yang disiapkan oleh Pelni seperti layanan bioskop, tersedianya kantin-kantin makanan, swalayan, dan layanan hiburan band sehingga masyarakat yang bepergian selama berhari-hari di atas kapal bisa nyaman dan betah," ujarnya.

Dengan peningkatan layanan itu, kata dia, tentu Pelni sebagai perusahaan BUMN berkewajiban dan menjadi keharusan memberikan layanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat dan Pelni berkomitmen untuk hal itu.

Terkait peningkatan layanan pembelian tiket secara online itu, kata dia juga, sebagai upaya untuk menghindarkan pembelian tiket melalui calo atau yang tidak berkepentingan, sehingga masyarakat akan lebih nyaman dan aman. Adapun pelaksanaan sosialisasi dilakukan melalui media sosial @pelni162_baubau,spanduk/banner maupun media online/cetak.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024