Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara,  Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar Gebyar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Alun-Alun Kota untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan produk lokal setempat.

Ketua Dekranasda Kabupaten Kolaka Utara Ir. Hj. Nina Harini Sukanto melalui keterangan resminya Jumat, mengatakan bahwa  kegiatan Gebyar UMKM yang mengangkat tema "Merangkul, Menghalalkan, Melindungi, dan Memasarkan Produk UMKM Kolaka Utara" itu sebagai wahana pembinaan bagi para pelaku UMKM setempat.

“Gebyar UMKM perlu dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk pembinaan UMKM. Hal ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas produk, tetapi juga untuk membuka peluang baru bagi pelaku UMKM Kolaka Utara,” kata Nina.
  Ketua Dekranasda Ir. Hj. Nina Harini Sukanto saat membawakan sambutan. (Antara/HO-Pemkab Konut)

Dia mengungkapkan bahwa tema dalam kegiatan tersebut juga menjadi landasan untuk mendorong kerja sama yang erat antara pemangku kepentingan dan melindungi hak-hak pelaku UMKM, serta untuk mempromosikan produk-produk UMKM Kolaka Utara lebih luas.

“Produk lokal Kolaka Utara selain bisa dinikmati oleh warga Kolaka Utara, juga bisa dipromosikan di level nasional bahkan internasional, sudah seharusnya kita bangga dengan produk lokal kita, namun kualitas produk tetap menjadi perhatian agar tidak kalah dengan produk lainnya,” ungkapnya.

Nina menjelaskan bahwa salah satu aspek yang tak kalah penting adalah upaya menjadikan Gebyar UMKM sebagai daya tarik wisata untuk para pengunjung yang ingin menjelajahi potensi Kolaka Utara. Dengan beragam produk unik dan berkualitas yang ditampilkan, pengunjung dapat menikmati keindahan budaya Kolaka Utara sambil berbelanja produk-produk lokal yang istimewa.

“Acara Gebyar UMKM Kolaka Utara yang akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 5 hingga 8 Oktober 2023, memuat beragam kegiatan menarik seperti pameran produk UMKM, fashion show, dan pertunjukan seni budaya/lulo kreasi,” tambahnya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024