Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memutuskan mundur di babak 16 besar Asian Games 2022 Hangzhou setelah Apri mengalami cedera.

Apri/Fadia berhadapan dengan pasangan ganda putri Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dalam pertandingan yang berlangsung di Binjiang Gymnasium, Rabu.

Selama pertandingan berlangsung, Apri menahan sakit di betis kanan menyusul cedera yang ia alami pada pertandingan di babak 32 besar. Ketika itu ia mengalami salah tumpuan saat melakukan smash.

Kondisi tersebut membuat pertandingan berjalan dengan keunggulan Yuki/Sayaka yang menutup interval gim pertama dengan selisih delapan poin, 11-3.

Usai interval gim pertama, Yuki/Sayaka mampu memperoleh tiga poin berturut-turut, 15-3. Lalu pertandingan dihentikan karena Apri mengalami cedera dan memutuskan untuk mundur dari pertandingan.

Pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian mengatakan Apri mengalami cedera betis kanan karena mengalami salah tumpuan saat menghadapi Hong Kong di babak 32 besar kemarin.

"Apri mengalami cedera betis kanan. Ini cedera yang sama saat All England 2022 lalu. Kejadiannya saat kemarin saat melawan pasangan Hong Kong, ada gerakan yang tidak pas jadi terasa lagi. Karena kemarin sudah match point jadi Apri memaksa untuk menyelesaikan pertandingan," kata Eng Hian dilansir dari keterangan resmi.

Eng Hian mengungkapkan Apri telah menjalani terapi dan pemulihan, namun kondisinya saat ini memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertandingan.

"Dari tadi malam dilakukan terapi dan pemulihan. Tadi pagi kami evaluasi, dia bilang masih coba dulu. Tapi kondisinya tidak bisa dipaksakan, daripada semakin parah, diputuskan untuk mundur. Untuk gerakan kecil-kecil sudah tidak sakit, tapi untuk bermain kan harus ada jangkauan yang jauh, harus ada eksplosivitas, harus ada reaksi, ternyata itu masih ada rasa nyeri," ungkap Eng Hian.


Sementara itu Indonesia menyisakan tiga wakil di babak perempat final cabang olahraga bulu tangkis Asian Games, setelah mereka mengalahkan lawan-lawannya pada babak 16 besar.

Pada nomor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting melenggang ke babak perempat final setelah menumbangkan perlawanan pemain Singapura Jia Heng Jason Teh dengan dua gim, 21-14 dan 21-18. Kemudian pada nomor ganda putra, pasangan Fajar Alfian/Muhamad Adrianto juga maju ke babak delapan besar setelah menang atas pasangan Thailand Peerafthai Sulephun/Pakkapon Teeraratsakul 21-15, dan 21-15.

Pada nomor tunggal putri, Gregiria Mariska Tunjung melenggang ke babak perempat final usai menang atas pemain Singapura Goh Jin Wei dengan dua gim 21-6,2112.

Selain ganda putri pasangan Apri/Fadia yang tersingkir di babak 15 besar, tiga wakil Indonesia lainnya juga mengalami nasib yang sama, yaitudi nomor tunggal putri Putri Kusuma Wardanbi (Putri KW) harus mengakui keunggulan pemain India Sindu Pusarla 16-21,16-21.

Di nomor ganda putri pasangan Febrianba Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi klah dari pasangan tuan rumah China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 5-21 dan 17-21. Kemnudian di nomor ganda campuran pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Mentari Haningtyas harus mengakui keunggulan pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan rubber gim 15-21,21-16 dan 19-21.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Apri/Fadia memutuskan mundur di babak 16 besar, usai Apri alami cedera

Pewarta : Fajar Satriyo
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024