Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan di Provinsi Sulawesi Tenggara berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas-puskesmas yang ada di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan dr. Boni Lambang Pramana dalam keterangan persnya pada Jumat menyampaikan bahwa upaya peningkatan mutu pelayanan puskesmas mencakup pelaksanaan akreditasi puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Akreditasi puskesmas antara lain ditujukan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien serta meningkatkan kinerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan perseorangan dan/atau kesehatan masyarakat.

Boni mengatakan bahwa pada tahun 2023 sebanyak 23 dari 26 puskesmas yang ada di Konawe Selatan menjalani survei re-akreditasi dan dua puskesmas lainnya menjalani survei akreditasi.

Menurut dia, berdasarkan hasil survei tersebut ada 10 puskesmas yang mendapat akreditasi madya dan utama.

Kesepuluh puskesmas yang dimaksud yakni Puskesmas Andoolo, Puskesmas Sabulakoa, Puskesmas Benua, Puskesmas Lameuru, Puskesmas Landono, Puskesmas Mowila, Puskesmas Moramo, Puskesmas Lalowaru, Puskesmas Palangga, dan Puskesmas Andoolo.

"Dinas Kesehatan Konawe Selatan berupaya menghadirkan layanan kesehatan yang standar dan bermutu kepada masyarakat," kata Boni.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024