Kendari (ANTARA) - Sebanyak 80 mahasiswa dari dua universitas berbeda yakni Universitas Halu Oleo (UHO) dan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) berkunjung ke PT DSSP Power Kendari untuk belajar lapangan terkait teknologi pembangkit listrik yang digunakan di fasilitas unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) tersebut.

“Kunjungan ini adalah suatu kehormatan untuk kami membagikan pengetahuan dan ilmu praktis kami, tentang teknologi pembangkitan tenaga listrik kepada perguruan tinggi," kata CSR & External Relation PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar, dalam pernyataan yang diterima di Kendari, Jumat.

Mahasiswa dari dua universitas tersebut berasal dari dua jurusan yang berbeda yakni jurusan teknik Elektro mahasiswa UHO dan jurusan teknik Sipil dari UMK.

PT DSSP Power Kendari membagikan pengetahuan terkait dasar teknik pembangkit listrik hingga metode praktis dalam mengoperasikan unit PLTU secara efektif, efisien dan ramah lingkungan baik secara pemaparan di dalam ruang kelas maupun dengan melihat langsung di lapangan.

PT DSSP Power Kendari berharap mahasiswa memiliki energi positif yang sama dengan kultur budaya perusahaan serta dapat menjadi tolok ukur dalam perkuliahan.

"Sebab dunia industri dan akademis adalah dua dunia yang saling membutuhkan dan bertautan. Kami harap, dapat memberikan ide-ide baru atau inovasi-inovasi baru yang dapat membantu industri seperti kami dalam menjalankan proses produksinya dengan efektif, efisien dan tentu saja ramah lingkungan,” ujar Risal.

Terlebih, dalam menjalankan PLTU Kendari-3 atau PLTU Moramo PT DSSP Power Kendari selalu menjalankan lini operasi bisnis tersebut dengan beretika, bertanggungjawab dan dengan visi yang berkelanjutan.

"Tim kami adalah orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk selalu berinovasi, dan mengembangkan teknologi di sektor pembangkitan tenaga listrik untuk mendukung dan mengawal pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Tenggara,” kata Risal.

"Kunjungan ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam peningkatan kualitas pendidikan di area operasional perusahaan," kata Risal.

Secara umum, di bidang pendidikan, PT DSSP Power Kendari telah menerima beberapa kunjungan, yakni pada 2021 menerima mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Teknik UHO. Selain kunjungan industri dari perguruan tinggi, terdapat pula kunjungan dari siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA) di sekitar wilayah operasional.

Kemudian di tahun 2022, perusahaan kembali menerima kunjungan dari Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia wilayah XVI. PT DSSP Power Kendari juga membangun sarana rumah baca terapung, membagikan buku bacaan, dan memberikan bantuan sarana belajar di sekolah sekitar wilayah operasional.

Program-program peningkatan kualitas pendidikan tersebut adalah bagian dari program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya.

PT DSSP Power Kendari merupakan Independent Power Producer (IPP) berkapasitas 2×50 MW yang menyuplai kebutuhan listrik ke masyarakat serta mendukung sistem kelistrikan di Sultra.*

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024