Kendari (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih predikat sangat bagus secara berturut-turut selama 20 tahun periode Desember 2003 hingga 2022 menurut majalah Infobank.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra Abdul Latif di Kendari Sabtu, mengatakan bahwa berdasarkan data Biro Riset Infobank, terdapat sebanyak 106 bank yang masuk peringkat versi Infobank.

"Dan dari 106 bank se-Indonesia itu, Bank Sultra masuk dalam 32 bank berpredikat sangat bagus," kata Adbul Latif.

Dia mengungkapkan bahwa 32 bank yang berpredikat sangat bagus itu terdiri dari lima kategori, yakni berpredikat sangat bagus lima selama lima tahun, 10 tahun, hingga 25 tahu berturut-turut.

Abdul Latif mengungkapkan bahwa posisi Bank Sultra masuk dalam kategori predikat sangat bagus selama 20 tahun bersama dengan 11 bank lainnya.

Ia membeberkan bahwa peringkat 11 bank yang berhasil meraih predikat sangat bagus selama 20 tahun berturut-turut itu, yakni BRI, Bank BTPN, Bank Jateng, BCA, BJB, Bank Bengkulu, Bank Sultra, Kalbar, Lampung, OCBC NISP, dan Bank Index Selindo.

 

Sertifikat Infobank predikat sangat bagus selama 20 tahun berturut-turut yang diraih Bank Sultra. (Antara/HO-Bank Sultra)


"Dari 11 bank itu, Alhamdulillah Bank Sultra masuk peringkat tujuh," sebutnya.

Dirut Bank Sultra itu menjelaskan bahwa dalam menentukan predikat tersebut, Biro Riset Infobank menggunakan beberapa kriteria pendekatan pada penilaian performa kinerja lembaga perbankan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Adapun kriteria penilaian tersebut, yaitu penilaian rasio keuangan, good corporate governance (tata kelola perusahaan yang baik), dan profil risiko," jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa predikat sangat bagus itu tentunya diraih dengan kerja keras dan ketekunan seluruh pegawai Bank Sultra.

"Ini merupakan hasil dari kerja keras kami di Bank Sultra," jelasnya.

Abdul Latif menyebutkan bahwa predikat sangat bagus itu juga diraih atas kepercayaan seluruh stakeholder dan masyarakat di Bumi  Anoa. Sebab, kepercayaan masyarakat dan seluruh stakeholder memilih Bank Sultra untuk melakukan transaksi perbankan itulah yang mendorong bank tersebut berkembang dan bisa berkontribusi untuk daerah Sultra.

"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan. Insya Allah kami akan terus berkomitmen untuk bekerja baik demi meningkatkan kontribusi Bank Sultra kepada daerah dan masyarakat," ungkap Abdul Latif.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024