Kendari (ANTARA) - Penjabat  Bupati Kolaka Utara (Kolut) Dr. Ir. Sukanto Toding menyerahkan penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kolut, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pj Bupati Kolut Sukanto Toding melalui keterangan resminya Senin, mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi pencapaian pertama bagi Kabupaten Kolut dan merupakan hasil dari kerja keras Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara dalam menjadikan daerah tersebut sebagai Kabupaten Layak Anak.

"Ini adalah hasil kerja Pejabat Bupati sebelumnya, Sekretaris Daerah, dan seluruh aparatur pemerintah daerah. Leading dalam pencapaian ini adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ini adalah apresiasi nasional yang membanggakan bagi Kolaka Utara sebagai Kabupaten Layak Anak," kata Sukanto.

Dia mengungkapkan bahwa pentingnya perhatian terhadap perkembangan psikologis anak-anak juga merupakan salah satu indikator Kabupaten Layak Anak. Begitu juga dengan ketersediaan ruang bermain anak.

"Ini menunjukkan bahwa Kolaka Utara telah memenuhi persyaratan tersebut, sementara banyak daerah lain yang sudah tidak memiliki ruang bermain anak,” ungkapnya.

Dia menyebut bahwa Kabupaten Kolut yang masih memiliki ruang terbuka hijau memberikan kesempatan yang luas bagi anak-anak Kabupaten Kolaka Utara untuk bermain dan tumbuh kembang dengan baik.

“Meskipun ini adalah hasil kerja pemerintah sebelumnya, saya dengan senang hati menerima penghargaan ini dan dengan tulus menyampaikannya kepada Ibu Kadis PPPA sebagai pengakuan atas upaya besar yang telah dilakukan,” sebutnya.

Sukanto juga menyebutkan bahwa Kabupaten Kolut dalam mencapai status Kabupaten Layak Anak merupakan hasil kolaborasi erat antara berbagai instansi pemerintah, termasuk DP3A.

Selain itu, Pj Bupati Kolut itu juga menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga dan mengembangkan status Kabupaten Layak Anak tersebut.

“Penghargaan ini adalah awal dari perjalanan panjang, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak-anak kita,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa penghargaan tersebut tidak hanya mengukuhkan Kabupaten Kolut sebagai Kabupaten Layak Anak, tetapi hal tersebut juga merupakan kolaborasi yang kuat antar-instansi dan komitmen untuk terus memperbaiki kualitas kehidupan anak-anak akan menjadi landasan untuk masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda Kabupaten Kolut.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024