Kendari (ANTARA) - Kepolisian Kota atau Polresta Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Safari Jumat dan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di salah satu masjid di Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Kepala Polresta Kendari Kombes Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari ,Jumat mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program rutin dari Polresta Kendari untuk menyambangi sejumlah tempat ibadah yang ada di wilayah hukum Polresta Kendari.

"Kegiatan hari ini merupakan program tetap dari Polresta Kendari di samping Safari Jumat juga ada kegiatan Minggu Kasih, kegiatannya itu sama, yakni melakukan kegiatan sambang ke rumah ibadah, kalau Safari Jumat itu ke masjid-masjid, kalau Minggu Kasih ke gereja," kata Eka Fathurrahman.

Dia menyebutkan bahwa dalam menyambangi tempat-tempat ibadah, pihaknya kemudian melanjutkan dengan kegiatan bakti kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan bagi para warga yang telah melakukan ibadah.
  Bakti kesehatan di halaman masjid di Kelurahan Kendari Caddii yang digelar Polresta Kendari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
"Pada saat Shalat Jumat, dan selesai itu diikuti dengan kegiatan bakti kesehatan. Begitu juga dengan Minggu Kasih, kita datang ke gereja, setelah peribadatan di gereja, kita laksanakan rutin setiap pekan," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan bantuan pelayanan kesehatan kepada warga yang baru saja melakukan ibadah atau yang tinggal di sekitar masjid atau gereja yang menjadi tempat lokasi kunjungan Polresta Kendari.

"Di samping juga kami menggali, mencari, mengumpulkan, dan menginventaris keluhan-keluhan di masyarakat seputar masjid atau gereja itu. Apakah ada komplain tentang kejahatan-kejahatan," sebutnya.

Dalam Safari Jumat di Kelurahan Kendari Caddi itu, Kepala Polresta Kendari juga mengimbau kepada seluruh warga yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk ikut berperan dalam memberantas tindak kejahatan atau kriminal yang ada di Kota Kendari.

"Kami ingin mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama bersinergi, apabila untuk tindakan pertama, silahkan masyarakat melakukan tindakan kepolisian terbatas, melaporkan peristiwa kejahatan apakah kepada Bhabinkamtibmas, apakah kepada Polsek atau Polresta untuk menindaklanjuti hal itu. Dan kedua menekan dan meminimalisir kegiatan kejahatan yang ada di Kendari Caddi," jelas Eka Fathurrahman.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024