Muna (ANTARA) - Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis menyerahkan puluhan alat mesin pertanian atau Alsintan dan puluhan ton bibit serta pupuk kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Kolaka Timur Abd Azis melalui keterangan resminya Sabtu, menyebutkan Alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani tersebut, yakni traktor roda empat sebanyak lima unit, traktor roda dua 48 unit, dan kultivator sebanyak 10 unit.

"Lalu bibit padi biofortifikasi sebanyak 25 ton, pupuk NPK sebanyak 100 ton, pupuk hayati cair 7.732 liter, dan bantuan benih jagung sebanyak 44 ton," kata Abd Azis.

Dia mengatakan bahwa dengan adanya bantuan tersebut berharap agar dipergunakan dengan sebaik mungkin untuk menghasilkan tanaman produksi yang maksimal.

Ia meminta kepada seluruh penyuluh PNS, PPPK, Penyuluh THL, TB,PP, dan Penyuluh Honor Daerah Kabupaten Koltim agar mengakses informasi dan teknologi sistem pertanian Agribisnis. Kabupaten Kolaka Timur merupakan wilayah potensi pengembangan kawasan pertanian terpadu terutama budi daya tanaman Padi Sawah, komoditas Perkebunan, hortikultura, peternakan, dan perikanan.

“Sebagai Bupati sangat mengharapkan bantuan ini betul betul dimanfaatkan oleh petani. Bapak ibu penyuluh juga untuk terus mendampingi bantuan ini agar betul-betul dimanfaatkan oleh petani penerima. Saya juga yakin bantuan ini masih jauh dari cukup," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur Lasky Paemba juga meminta peran aktif para penyuluh dalam mendukung program pertanian dan perkebunan di daerah tersebut. Serta juga untuk berupaya meningkatkan kinerja di lapangan, terutama dalam perannya mendampingi dan membina masyarakat tani.

“Saya juga mengharapkan agar para penyuluh sekalian terus mengembangkan potensi diri, kreatif, punya semangat,etos kerja, dan daya kompetitif positif," katanya.

Sehingga, katanya, ke depannya Kabupaten Kolaka Timur dapat lebih banyak melahirkan penyuluh yang unggul dan berprestasi serta memiliki nilai daya saing tanpa harus banyak menuntut apa yang daerah bisa berikan namun bagaimana bisa menuntut diri sendiri apa yang bisa kita berikan bagi daerah Kabupaten Kolaka Timur.



 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024