Kendari (ANTARA) - Basarnas Kendari mengevakuasi seorang pria yang mencoba bunuh diri di menara Masjid Nurul Shabah, Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah melalui keterangan resminya Minggu, mengatakan bahwa pria yang mencoba bunuh diri tersebut bernama Fanja (35), yang merupakan warga Kota Baubau.

Ia mengungkapkan bahwa laporan percobaan bunuh diri di menara Masjid Nurul Shabah, Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna itu pertama kali diinformasikan oleh warga setempat, pada Minggu (27/8) sekitar pukul 11.00 WITA.

"Bapak Rahma melaporkan telah terjadi kondisi membahayakan manusia terhadap satu orang yang melakukan percobaan bunuh diri dari menara masjid," kata Arafah.

Dia menyampaikan bahwa berdasarkan laporan tersebut, pihaknya menurunkan Tim Penyelamat SAR Baubau menggunakan mobil penyelamat untuk memberikan bantuan SAR ke lokasi TKP yang berarak 16 kilometer dari Pos SAR Baubau dan tiba sekitar pukul 11.22 WITA.

"Sebelum dilaporkan, warga setempat telah melakukan upaya untuk berkomunikasi dengan korban bersama dengan anggota Polsek Waruruma, namun tidak berhasil menurunkan korban dari atas menara masjid," ujarnya.

Pada pukul 12.05 WITA, lanjut Arafah, Tim Penyelamat Pos SAR Baubau tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan proses evakuasi terhadap korban.

"Pada pukul 13.05 WITA, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan selamat," jelasnya.

Arafah menyebutkan bahwa setelah dievakuasi, korban langsung dibawa ke Polsek Kokalukuna untuk diserahkan kepada pihak keluarganya.


 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024