Kendari (ANTARA) - Penjabat atau Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut) Parinringi memberikan bantuan kepada sembilan veteran yang ada di Kabupaten Kolut, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan pembangunan negara pada peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Parinringi melalui keterangan resminya, Kamis, mengungkapkan apresiasinya terhadap jasa para veteran yang telah berjuang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia serta pengabdian mereka dalam memajukan daerah Kolaka Utara.

"Mereka telah berjuang untuk negara ini," kata Parinringi.

Ia mengungkapkan bahwa santunan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut itu masing-masing sebesar Rp10 juta sebagai tanda penghargaan dan rasa hormat dari masyarakat Kabupaten Kolaka Utara.

“Peringatan hari kemerdekaan kali ini adalah bukti nyata penghargaan kita terhadap jasa para veteran yang telah berjuang dengan gigih demi kemerdekaan dan kemajuan daerah Kolaka Utara. Semoga semangat mereka menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam membangun masa depan yang lebih baik,” ujar Parinringi.

Pj Bupati Kolaka Utara itu juga menyebutkan bahwa peringatan Upacara HUT Kemerdekaan RI itu bukan hanya untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan terhadap Kemerdekaan RI, akan tetapi juga untuk memupuk semangat persatuan dalam membangun bangsa yang lebih baik lagi.

Dengan penyerahan santunan kepada para veteran, Parinringi berharap bahwa penghargaan ini dapat mendorong semangat patriotisme dan pengabdian kepada tanah air di kalangan generasi muda.

Ia menambahkan bahwa Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di Kolaka Utara tahun ini menjadi momentum berharga untuk menghormati masa lalu dan merangkul masa depan yang lebih cerah.

Selain menyerahkan bantuan kepada sembilan veteran di Kolut, Parinringi juga menganugerahkan satya lencana kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah mengabdikan diri selama 10, 15, dan 20 tahun.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024