Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menyatakan cuaca wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) pagi hingga siang hari umumnya cerah berawan walaupun ada beberapa daerah yang berpotensi hujan ringan.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam pernyataan resmi di Kendari, Rabu, mengatakan secara umum dari seluruh wilayah kabupaten/kota di Sultra umumnya cerah berawan, kecuali wilayah kabupaten Kolaka Timur dan Konawe berpotensi hujan ringan.

"Ada beberapa wilayah kecamatan yang berpotensi hujan di Kabupaten Kolaka Timur yang alami hujan ringan terjadi pada pagi hari dan siang sudah mulai cerah berawan," ujarnya.

Ia mengatakan, wilayah Sultra pada pagi hari tadi umumnya cerah berawan, sementara di siang dan sore hari juga tetap cerah berawan meskipun berpotensi terjadi hujan ringan di wilayah Kolaka Timur dan Konawe.

"Pada malam hari, umumnya cerah berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan di wilayah Kolaka Timur, Konawe dan Konawe Utara dan pada dini hari umumnya cerah berawan," sebutnya.

Suhu udara pada 22 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara 50 - 90 persen dengan kecepatan angin bertiup dari Timur ke Selatan rata-rata per 2 - 40 kilo meter per jam.

Terkait adanya informasi gempa bumi, Faizal Habibi membenarkan terjadi di wilayah Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe dengan skala 4 SR tetaptnya pada pukul 02.19.43 Wita.

Lokasi gempa 3.89 LS 122.55 BT atau 5.0 Km Tenggara Lalolanggasumeeto dengan ke dalaman 5 KM, dan juga dirasakan bagi warga di Kota Kendari bagian utara.

Hingga pukul 02.54 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024