Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara menyerahkan bantuan mobil operasional sekolah kepada perangkat desa guna meningkatkan aksesibilitas anak-anak sekolah di Kabupaten Kolut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara Muhammad Idrus melalui keterangan resminya Kamis, mengatakan  program angkutan gratis untuk anak sekolah telah berjalan sejak tahun 2019.

Setiap tahun, lanjut Idrus, anggaran untuk program tersebut dialokasikan sekitar 10 hingga 20 unit mobil sekolah per tahun.
 

“Tahun ini,total mobil sekolah yang telah beroperasi mencapai 86 unit. Namun, masih terdapat kekurangan sebanyak 41 unit mobil untuk memenuhi kebutuhan seluruh desa di wilayah Kabupaten Kolaka Utara," kata Idrus.

Ia mengatakan bahwa selain untuk transportasi anak-anak, mobil tersebut juga bisa digunakan untuk mendukung kegiatan sekolah pada pagi hingga siang hari.
 

“Di luar jam sekolah, warga masyarakat juga dapat memanfaatkan mobil ini dari sore hingga subuh, asalkan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi menambahkan bahwa inisiatif penyerahan mobil sekolah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan manfaat sosial bagi masyarakat.
 

Dia mengaku bahwa daerah mengalami keterbatasan dalam hal anggaran, sehingga upaya untuk menyediakan transportasi pendidikan akan tetap berlanjut.
 

“Untuk menjaga keberlanjutan program ini, diharapkan agar biaya operasional kendaraan tidak dimanfaatkan untuk tujuan komersial. Jika ada desa tetangga yang belum dapat menikmati manfaat dari program ini, pihak terkait akan memberikan bantuan dan dukungan untuk memastikan aksesibilitas pendidikan yang merata," sebutnya.
 

Dia berharap program mobil sekolah ini menjadi langkah maju dalam meningkatkan sektor pendidikan di Kolaka Utara, memperkuat harapan akan masa depan cerah bagi generasi muda di wilayah tersebut.
 

“Semoga dengan adanya program ini, akses pendidikan yang berkualitas akan semakin terjamin, dan prestasi anak-anak sekolah di Kolaka Utara dapat semakin gemilang," jelasnya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024