Kendari (ANTARA) - Jamaah haji Indonesia asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya kloter 24 terus memanfaatkan waktu melaksanakan berbagai amalan ibadah selama berada di Tanah Suci, seperti melakukan ziarah ke Raudah Makam Rasulullah.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, yang juga Petugas Haji Daerah (PHD), Asrun Lio, melalui rilis yang diterima di Kendari, Rabu, selain ke makam Rasulullah juga ke makam Abu Bakar dan Umar Bin Khattab dan sahabat nabi lainnya.

Asrun mengungkapkan rasa syukur tidak terhingga kepada Allah SWT, karena sebelum jadwal kepulangan ke tanah air, jamaah haji kloter 24 selalu diberikan kesempatan melakukan berbagai ibadah lainnya, termasuk yang teristimewa yakni seluruh jamaah haji kloter 24 bisa ziarah ke makam baginda Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

"Alhamdulillah, seluruh jamaah kloter 24, kemarin sekitar pukul 15.10 waktu Madinah, telah selesai melaksanakan ziarah di Raudah tepatnya di Makam Rasulullah SAW, Makam Abu Bakar, dan Makam Umar Bin Khattab. Saat ziarah, jamaah juga melakukan shalat sunah mutlak dua rakaat, memperbanyak zikir, memohon doa dan ampunan dari Allah serta memperbanyak salawat kepada baginda Muhammad SAW," ucapnya.

Sebagai petugas haji, bagi Asrun Lio selain bisa ikut melaksanakan ibadah haji dan umroh, terpenting adalah bagaimana membantu kesiapan para jamaah kloter 24 yang rata-rata dominan lanjut usia, dapat mengikuti seluruh rangkaian haji dan umrah dengan baik, tentunya melalui kesehatan yang prima atas izin Allah SWT serta doa dari masyarakat Sultra. Jamaah Haji kloter 24 Sultra yang dipimpin Sekertaris Daerah Drs.H.Asrun Lio, M.Hum, PhD saat melakukan ziarah ke Makam Rasulullah di Raudah. (Antara/HO Asrun Lio)
"Ibadah haji dan umroh termasuk melakukan ziarah ke makam baginda Rasulullah SAW merupakan keinginan serta impian banyak orang, utamanya kaum muslim. Untuk itu, kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh jamaah, termasuk kloter 24 dalam melaksanakan amalan-amalan ibadah yang telah menjadi impiannya. Semoga Allah SWT menerima seluruh ibadah haji dan umroh kita. Aamiin," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Jenderal ASN ini juga mendoakan agar umat muslim di Sultra dapat segera dimudahkan langkah dan niatan guna melaksanakan ibadah haji maupun umroh di Tanah Suci Mekkah.

"Dalam keberangkatan haji dan umroh, jamaah juga dibimbing untuk tidak lupa mendoakan seluruh masyarakat Sultra agar selalu dalam keadaan aman dan kondusif, tetap harmonis dan bersatu padu, apalagi akan menghadapi sejumlah momen penting, di antaranya pesta pemilu. Untuk itu, mari tetap jaga kekompakan dan kebersamaan sehingga aktivitas keseharian berjalan sebagaimana biasanya dalam Ridho Allah SAW. Aamiin," ujarnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024