Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggandeng Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia setempat menggelar bakti sosial donor darah untuk membantu ketersediaan stok di daerah tersebut.

Kepala Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba di Kendari, Senin mengatakan aksi sosial donor darah dilakukan pihaknya dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-78 tahun 2023.

"Pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilakukan jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara sebagai bentuk kepedulian dan kemanusiaan untuk membantu sesama lewat setetes darah," katanya.

Silvester menyampaikan bakti sosial donor darah diikuti jajaran pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham dan juga pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT), baik Lembaga Pemasyarakatan maupun Imigrasi dalam Kota Kendari, sedangkan untuk luar Kota Kendari melaksanakan di UPT masing-masing.

Menurut dia, aksi kemanusiaan tersebut yang akan disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan darah melalui PMI ataupun rumah sakit rumah sakit yang ada di Kota Kendari dan sekitarnya.

"Kita berharap agar kegiatan donor darah ini dapat terus memberi dampak positif bagi masyarakat Sulawesi Tenggara," ucap Silvester.

Kanwil Kemenkumham Sultra mengumpulkan 45 kantong darah dengan berbagai jenis golongan darah, di antaranya 17 kantong golongan darah A, 11 golongan darah B, 14 golongan darah O, dan tiga golongan darah AB.

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium oleh PMI Sultra dan akan didistribusikan pada pasien yang membutuhkan," demikian Silvester Sili Laba.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024