Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari melakukan penyembelihan sebanyak 12 ekor sapi kurban pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah, untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu.

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Kamis mengatakan 12 ekor sapi yang menjadi hewan kurban, dua di antaranya bantuan dari luar Lanal tersebut.

"Terkait dengan kurban yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut atau Lanal Kendari pada tahun 2023 ini, Lanal Kendari berkurban sebanyak 12 ekor sapi," katanya.

Dia menyampaikan dari 12 ekor sapi kurban, dua ekor dari luar Lanal Kendari yakni dari Indonesian National Shipowners Association (INSA) dan satu ekor lainnya dari PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Morosi, Kabupaten Konawe.

Kolonel Mulku menyebut pihaknya melakukan kegiatan kurban di sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara di antaranya di Kabupaten Buton Selatan, Kota Baubau dan Kota Kendari.

"Jadi tersebar di beberapa wilayah di antaranya di Kabupaten Buton Selatan satu ekor, di Kota Baubau satu ekor, di Lorong Bahagia Wua-Wua Kendari satu ekor, SMA 4 Kendari dua ekor, di Jalan Laute Kendari satu ekor dan lima ekor disembelih di Lanal Kendari," jelas dia.



  Masyarakat saat mengantre daging sapi kurban di Kompleks TNI AL Kendari, Kamis (29/6/2023) (ANTARA/HO-Penerangan Lanal Kendari)



Lebih lanjut Kolonel Mulku mengatakan kegiatan kurban yang dilakukan pihaknya untuk memberikan bantuan hewan kurban kepada warga yang kurang mampu hasil dari pemetaan oleh para anggota Lanal yang tersebar.

Ia berharap dengan adanya giat berbagi kurban ini baik anggota dan seluruh elemen masyarakat sekitar bisa merasakan perayaan hari raya Idul Adha dengan berkat dan nikmat yang sudah diterima

"Saat ini kami rasa belum maksimal namun pada tahun-tahun mendatang akan dimaksimalkan lagi dalam kegiatan kurban ini. Insya Allah untuk tahun-tahun berikutnya nanti akan ditingkatkan lagi sehingga bisa tersebar di seluruh kabupaten/kota," demikian Kolonel Mulku.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024