Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Polda Sulawesi Tenggara menerjunkan 800 lebih personel  untuk melakukan pengamanan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah agar tetap berjalan lancar dan kondusif.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari, Kamis mengatakan pengamanan shalat Idul Adha telah dilakukan pihaknya sejak Rabu (28/6), yang kemudian dilanjutkan dengan pengamanan malam takbiran dan patroli untuk menjaga Kambtibmas di wilayah hukum Porlesta Kendari.

"Untuk jumlah personel Polresta Kendari dan Polsek jajaran ada sebanyak 800 personel dalam pengamanan Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi tahun ini," katanya.

Kombes Eka mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk melakukan pengamanan Hari Raya Idul Adha. Pengamanan dilakukan pihaknya dengan melibatkan seluruh personel jajaran di jajaran  Polresta Kendari.

"Kemarin ada yang shalat Idul Adha sudah kami amankan, tadi ini kita pengamanan malam takbiran, dilanjutkan dengan patroli. Kemudian  pagi ini akan pengamanan shalat Idul Adha lagi," kata Eka Fathurrahman.

Dia menjelaskan bahwa nantinya para personel tersebut melakukan pengamanan dengan menggunakan seragam dinas lengkap di lokasi-lokasi shalat Idul Adha di wilayah hukum Polresta Kendari.

Bagi yang menjalankan ibadah shalat Idul Adha, para personel tersebut bisa gabung saat pelaksanaan shalat dimulai tapi harus siap kembali  saat shalat tersebut selesai untuk menjamin keamanan di wilayah tersebut.

"Kami upayakan untuk shalat menggunakan pakaian lengkap dinas, sekaligus pengamanan, sekaligus juga shalat Idul Adha. Sebelum orang datang dia mengamankan, shalat ikut, setelah shalat, dia kembali mengamankan lagi," sebut Eka Fathurrahman.

Selain itu, dia juga menuturkan bahwa pihaknya juga menyiapkan sebanyak 150 personel untuk melakukan pengamanan terbuka perayaan Lebaran Idul Adha.

Dia menyebut sejumlah titik pengamanan shalat Idul Adha yakni Masjid Agung, Masjid Al-Alam, di Ranomeeto, dan di depan Lippo Plaza Kendari.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Kota Kendari berjalan lancar dan kondusif. Salah satu titik yang menjadi pantauan pelaksanaan shalat Idul Adha yakni di Masjid Al-Alam Kendari.

Masjid Al-Alam Kendari menjadi salah satu titik yang dipadati masyarakat untuk menunaikan shalat Idul Adha 1444 Hijriah di kota ini. Sejumlah personel kepolisian dan personel TNI terlihat melakukan pengamanan di pelataran masjid tersebut.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024