Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari melibatkan seluruh personel jajaran polresta dan polsek untuk melakukan pengamanan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman, di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk melakukan pengamanan hari raya Idul Adha.

Ia menyampaikan bahwa pengamanan Shalat Idul Adha telah dilakukan sejak pagi (Rabu, 28/6) tadi. Kemudian dilanjutkan dengan pengamanan malam takbiran dan patroli untuk menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polresta Kendari.

"Pagi tadi juga ada yang Shalat Idul Adha sudah kami amankan, malam ini kami pengamanan malam takbiran, dilanjutkan dengan patroli. Kemudian dengan besok pagi pengamanan Shalat Idul Adha lagi," kata Eka Fathurrahman.

Dia mengungkapkan bahwa dalam pengamanan tersebut dilibatkan seluruh personel jajaran dari Polresta Kendari dan polsek.

"Untuk jumlah personel Polresta Kendari dan polsek jajaran ada 800 personel," ujar Eka Fathurrahman.

Dia menjelaskan bahwa nantinya para personel tersebut melakukan pengamanan dengan menggunakan seragam dinas lengkap di lokasi-lokasi Shalat Idul Adha di wilayah hukum Polresta Kendari.

Bagi yang menjalankan ibadah Shalat Idul Adha, para personel tersebut bisa gabung saat pelaksanaan shalat dimulai dan harus siap kembali pada saat shalat tersebut selesai untuk menjamin keamanan di wilayah tersebut.

"Kami upayakan untuk shalat menggunakan pakaian lengkap dinas, sekaligus pengamanan, sekaligus juga Shalat Idul Adha. Sebelum orang datang dia mengamankan, shalat ikut, setelah shalat, dia kembali mengamankan lagi," ujar Eka Fathurrahman.

Selain itu, dia juga menuturkan bahwa pihaknya juga menyiapkan sebanyak 150 personel untuk melakukan pengamanan terbuka perayaan Lebaran Idul Adha.

Untuk titik-titik pengamanan Shalat Idul Adha, katanya pula, diutamakan yang menjadi pusat ada empat lokasi, yakni Masjid Agung, Masjid Al-Alam, di Ranomeeto, dan di depan Lippo Plaza Kendari.

"Jadi, pengamanannya dari polresta dari dari polsek juga kami libatkan, mengingat masjid-masjid kan di jejeran Polsek," ujarnya lagi.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024