Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari memprakirakan tiga wilayah di Sulawesi Tenggara mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan disertai angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan di Kendari, Senin, mengatakan tiga wilayah itu, yakni Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Kota Kendari.

"Potensi hujan sedang dan lebat itu diperkirakan terjadi pada pagi hari hingga siang dengan intensitas yang rendah," ujarnya.

Prakiraan cuaca tersebut, untuk Kabupaten Konawe meliputi Kecamatan Sampara, Soropia, Besulutu, Bondoala, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare, Kabupaten Konawe Utara meliputi Kecamatan Motui, dan Kota Kendari meliputi Kecamatan Mandonga, Kendari Barat, Puuwatu, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah Kabupaten Konawe Selatan di wilayah Kecamatan Angata, Landono, Konda, Ranomeeto, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Baito, Ranomeeto Barat, Sabulakoa, dan Kabupaten Konawe Utara di wilayah Kecamatan Sawa dan sekitarnya," katanya.

Pada malam hari, kata dia, Kota Kendari diprakirakan hujan ringan, meliputi Kecamatan Kendari, Baruga, Poasia, Abeli, Wua-wua, Kadia, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09.00 Wita untuk esok harinya pada Selasa (27/6)," ujarnya.

Suhu udara pada hari ini antara 23-33 derajat Celsius dengan kelembaban udara 60-96 persen serta angin bertiup dari timur ke selatan rata-rata per 2-20 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024