Kendari (ANTARA) - Sebanyak 98 wanita yang bertugas di Pemadam Kebakaran (Damkar) dari empat kabupaten di Sulawesi Tenggara mengikuti latihan pendidikan dasar di Kota Kendari selama lima hari di bulan Juni 2023.

Pendidikan Dasar Personel Damkar tersebut, diadakan Dinas Kebakaran Kota Kendari diikuti empat kabupaten, yakni, Kendari sebagai penyelenggara, Damkar Kolaka, Damkar Kolaka Timur, Damkar Konawe Utara dan Damkar wanita dari Buton Tengah.

Kepala DInas Kebakaran Kota Kendari, Abdul Rifai di Kendari, Kamis, mengatakan, latihan dasar Damkar ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan personel secara maksimal sesuai dengan standar teknis pelayanan dasar.

"Dalam latihan dasar ini para peserta akan mendapatkan pelatihan, mulai dari latihan fisik, teori, hingga praktik," kata dia.

Mantan camat Kendari itu mengatakan, peningkatan kualitas SDM personel pemadam kebakaran dan penyelamatan sangatlah penting untuk dilaksanakan, sehingga dengan begitu, para petugas pemadam kebakaran akan lebih tanggap, cepat dan siap untuk melayani masyarakat.

"Tentu harapan kami sebagai penyelenggara, melalui pelatihan dasar yang diselenggarakan sejak tanggal 19 hingga berakhir 23 Juni 2023 dapat menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya terkait dengan pemahaman dasar tentang pemadaman kebakaran," ujar dia.

Saat pembukaan, kata dia, Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, Pemkot Kendari terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dalam melaksanakan fungsi atau tugas pemerintahan.

"Peningkatan kualitas SDM personel pemadam kebakaran dan penyelamatan sangatlah penting untuk dilaksanakan," ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 98 wanita personel Damkar ikuti pelatihan dasar kemampuan

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024