Kendari (ANTARA) - Penjabat Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, Parinringi berdiskusi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait dengan rencana pembangunan bandara di kabupaten itu yang diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas di daerah tersebut.

Parinringi melalui keterangan resminya di Kendari, Rabu, mengatakan pertemuan tersebut juga mendiskusikan pihak-pihak yang melibatkan sekelompok investor Korea yang tertarik untuk berinvestasi di wilayah Kolaka Utara.  

Ia menyampaikan bahwa selain pembangunan bandara, pertemuan tersebut juga membahas pembangunan pelabuhan peti kemasi yang menjadi bagian penting dari infrastruktur. Pelabuhan peti kemasi baru diharapkan akan memfasilitasi perdagangan internasional dan meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

“Pertemuan ini menjadi wujud nyata kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan investor asing untuk mendorong pembangunan infrastruktur yang akan mengangkat daya saing dan kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara,“ kata Parinringi.

Ia menyebutkan bahwa dengan pembangunan infrastruktur tersebut akan membuka peluang baru dalam sektor pariwisata, perdagangan, dan industri di Kolaka Utara. Dengan adanya bandara baru yang modern, aksesibilitas di Kolut akan meningkat secara signifikan, memudahkan mobilitas masyarakat dan mengundang lebih banyak wisatawan

“Kolaka Utara juga akan menjadi pusat perdagangan yang lebih berkembang dengan hadirnya pelabuhan peti kemas baru. Kami berharap ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, membuka lapangan kerja baru, dan meningkatkan daya saing bisnis daerah kami. Kami akan memastikan pelabuhan industri yang terintegrasi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sektor industri yang berkembang pesat di Kolaka Utara," jelasnya.

Parinringi menambahkan bahwa pertemuan ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat hubungan, serta membuka peluang baru untuk kerjasama di sektor infrastruktur dan investasi.

Diharapkan, melalui pembangunan infrastruktur yang solid, Kolaka Utara dapat menjadi destinasi investasi yang menarik bagi para pelaku bisnis lokal maupun internasional, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024