Kendari (ANTARA) - Pengobatan gratis bagi masyarakat Pulau Barrang Lompo, kota Makassar, Sulawesi Selatan melibatkan tentara asing Angkatan Laut delegasi sejumlah negara melalui program Medical Civic Action Project (MEDCAP) dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Koarmada II Kolonel Laut (K) Imam Hidayat di Makassar, Kamis mengatakan dalam kegiatan tersebut para tentara Angkatan Laut delegasi dari sejumlah negara sahabat juga ikut terlibat.

“Baik dalam mobilisasi warga yang hendak berobat di pesisir pulau maupun dalam sosialisasi kesehatan pada masyarakat setempat,” katanya.

Dia menyampaikan sejumlah delegasi juga ikut membantu para tenaga kesehatan TNI Angkatan Laut dalam observasi dan penanganan pasien.

Kolonel Hidayat menuturkan sasaran layanan kesehatan gratis bagi masyarakat di pulau Bareang Lompo di antaranya pengobatan umum dan gigi, layanan KB, serta kesehatan massal lainnya.

“Nanti ada beberapa yang belum terselesaikan, kami di sini ada Lantamal mau kebutuhan apa bisa segera dilaksanakan, untuk kebutuhan besarnya dan lainnya yang seperti ini bisa kita selenggarakan, mungkin bisa lebih besar jangkauan pulaunya bisa kita capai,” tuturnya.

Disebutkan beberapa tentara asing yang terlibat di antaranya Angkatan Laut Rusia, Australia, Malaysia, Filipina, Singapura, China, dan Korea Selatan.


Pewarta : Muhammad Harianto/Saharudin
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024