Kendari (ANTARA) - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari bersama Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri Daerah (FKLPID) Sulawesi Tenggara bersinergi dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja sehingga dapat menekan angka pengangguran di daerah tersebut.

Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Selasa mengatakan keberadaan FKLPID Sultra merupakan bagian penting sebagai penunjang keberhasilan untuk menyerap tenaga kerja terutama alumnus pelatihan BPVP Kendari.

"Serapan alumni pelatihan kita cukup masif melalui bantuan FKLPI Sultra dan kami sangat mengapresiasi itu," katanya usai membuka Rapat Koordinasi bersama Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri Daerah (FKLPID) Sultra.

Menurutnya kolaborasi dan koordinasi yang baik dapat menciptakan peluang untuk menekan angka pengangguran serta menyelesaikan berbagai persoalan ketenagakerjaan, apalagi jika ditunjang dengan keterlibatan semua pihak yang memiliki visi yang sama.

"Pengangguran merupakan hal yang pasti selalu ada, namun tugas kita bersama adalah menekan jumlahnya sehingga dari waktu ke waktu angka pengangguran di daerah ini menjadi berkurang," ujar dia.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI berharap, ke depan FKLPID Sultra bisa terus lebih maksimal menjalankan segala program-program kerjanya dan membantu alumnus serta mempublikasikan program-program pelatihan BPVP Kendari.

Sementara itu, Ketua FKLPID Sultra Ahmat mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung program kerja BPVP Kendari dengan membantu para alumnus siswa pelatihan bisa terserap di dunia usaha dan industri.

"Melalui FKLPID keberadaan mereka diprioritaskan apalagi keterampilan yang dimiliki alumni pelatihan BPVP Kendari telah teruji kompeten sesuai dengan standar yang dipersyaratkan oleh perusahaan," katanya.

Dia juga mengaku akan menggaungkan BPVP Kendari pada semua wilayah di 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara sehingga tantangan ketenagakerjaan khususnya masalah pengangguran bisa teratasi.

"Kita juga memiliki tugas untuk membantu mempromosikan BPVP Kendari terkait program-program kerjanya dan seperti apa itu BPVP Kendari sehingga bisa lebih diketahui serta menjadi pilihan bagi para angkatan kerja untuk transit sebelum masuk ke dunia kerja," bebernya.

Meski begitu dia berharap BPVP Kendari bisa terus berinovasi dan menciptakan terobosan baru dalam menciptakan tenaga kerja terampil untuk mengakomodir semua kebutuhan pasar kerja.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024