Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari di Sulawesi Tenggara (Sultra) menggalakkan gerakan tanam cabai di pekarangan rumah prajurit sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam pengendalian dan menekan laju inflasi di daerah ini.

"Tujuan penanaman bibit cabai ini adalah kita mendukung program pemerintah dalam mencegah inflasi, khususnya kebutuhan rumah tangga seperti cabai ini," kata Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari, di Kendari, Jumat.

Kolonel Mulku menyampaikan bibit cabai yang ditanam prajurit bersama anggota Jalasenastri atau organisasi istri-istri prajurit TNI AL di Lanal Kendari, merupakan bantuan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra yang diserahkan pada awal Mei 2023.

"Ini merupakan kelanjutan dari program kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara yang beberapa saat yang lalu telah dilaksanakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat atau ERB. Kemudian kami juga dapat bantuan 500 bibit cabai," ujar dia.

Dia menuturkan, selain untuk menekan laju inflasi di daerah tersebut, kegiatan penanaman bibit cabai oleh TNI AL Kendari dilakukan untuk mendukung program ketahanan dan ketersediaan pangan di daerah ini.

Lebih lanjut Kolonel Mulku mengatakan gerakan tanam cabai bersama para istri prajurit TNI AL dilakukan di masing-masing pekarangan rumah Kompleks Perumahan Lanal Kendari.

Selain di pekarangan rumah, Lanal Kendari juga melakukan penanaman bibit cabai di kebun milik Jalasenastri. Di kebun tersebut, sebanyak kurang lebih 100 bibit pohon cabai di tanam bersamaan dengan tanaman obat lainnya.

"Di kebun Jalasenastri ini kami menanam kurang lebih 100 bibit, selebihnya kami bagikan ke rumah-rumah warga kam akan tanam di pot pekarangan rumah warga, sehingga itu bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang tinggal di Kompleks Perumahan TNI Angkatan Laut Kendari ini," ujar Kolonel Mulku.

Ia menegaskan bahwa Lanal Kendari tidak hanya sekadar menanam bibit cabai yang diserahkan BI Sultra, namun akan dirawat sebaik mungkin hingga dapat dipanen karena pihaknya telah komitmen mendukung pemerintah mengendalikan laju inflasi.

"Untuk pengawasan dan pemeliharaan tanaman kami ini, kami sudah ada satuan markas yang akan merawat sekaligus membersihkan, sekaligus juga mencegah dari hewan-hewan yang akan mengganggu tanaman ini, sampai cabai ini kami panen," kata Kolonel Mulku.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI AL Kendari menggalakkan tanam cabai di pekarangan tekan inflasi

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024