Kendari (ANTARA) - Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, menganugerahi Lencana Bakti Transmigrasi dan Piagam Penghargaan kepada Bupati Konawe Selatan (Konsel) H.Surunuddin Dangga karena dinilai sukses mengembangkan transmigrasi di daerahnya.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, dalam keterangan di Kendari, Kamis, mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diterimanya dari Menteri PDTT.

Ia mengaku penghargaan yang diberikan oleh Menteri PDTT merupakan buah dari ikhtiar visi misi Pemerintah Kabupaten Konsel yang terus berkomitmen bekerja untuk masyarakat.

"Kami bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab dipercayakan oleh masyarakat untuk mewujudkan visi misi daerah demi mendongkrak perekonomian masyarakat sesuai potensi masing-masing desa," ungkap Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode itu berharap, apa yang telah dikerjakan dalam memajukan daerah Konawe Selatan, bisa dinikmati masyarakat dalam berbagai pembangunan secara merata, baik itu di wilayah penduduk lokal maupun warga eks transmigrasi yang sudah menyatu  puluhan tahun silam.

Data Badan Pusat statistik Sultra menyebutkan Kabupaten Konawe Selatan terdiri dari 25 kecamatan, 15 kelurahan dan 336 desa dengan luas wilayah 5.779,47 Km2 dan jumlah penduduk sebesar 306.783 jiwa (2018) dengan sebaran penduduk 53 jiwa per km2.

Sekitar 75 persen dari jumlah desa maupun kecamatan merupakan eks kawasan transmigrasi yang dimulai penempatannya sejak tahun 1968 di Kecamatan Landono, menyusul tahun berikutnya di Kecamatan Lainea/Ponggaluku, dan Kecamatan Tinanggea.*

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024