Kendari (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Konawe Utara bersama TNI-Polri melakukan penjaringan anggota pasukan pengibar bendera menyambut upacara peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023, tingkat daerah tersebut.

"Sejak kami membuka pendaftaran Paskibra tingkat kabupaten dari tanggal 27 Februari hingga 03 Maret 2023 yang membuat akun pendaftaran berjumlah 211 peserta dan hanya 142 yang mengunggah dokumen pendukung," kata Kepala Kesbangpol Konawe Utara Hasran Abu Bakar dalam keterangan diterima di Kendari, Selasa

Dia menyampaikan penjaringan anggota Paskibra tahun 2023 tingkat kabupaten tersebut dilaksanakan di tribun Kantor Bupati Konawe Utara.

Dia menyebut dari 142 siswa siswi SMA yang berasal dari berbagai sekolah di kabupaten itu akan melaksanakan beragam jenis seleksi untuk menjadi pasukan pengibar bendera merah putih tahun 2023, meliputi seleksi administrasi dan kesehatan.

"Kemudian tes parade, tes wawasan kebangsaan, tes intelejensi umum atau TIU, tes Samapta, tes PBB (Peraturan baris berbaris) dan tes kepribadian yang akan dilaksanakan hingga dua hari," ujar Hasran 

Dia berharap selama seleksi para siswa selalu menjaga kesehatan dan terus berupaya untuk menunjukkan yang terbaik. 

“Karena seleksi ini mengutamakan kebugaran fisik, jadi selama seleksi tolong jaga kesehatan dan tunjukkan menjadi yang terbaik sehingga akan melahirkan anggota Paskibra yang menjadi kebanggaan kita dan tentu kebanggaan sekolah," jelas Hasran

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Seleksi Paskibra Konawe Utara Indrajaya Bahrin menambahkan, seleksi dilaksanakan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Paskibraka yang sudah melekat di Badan Kesbangpol.

Dia menyebut sebanyak delapan tahapan yang dilakukan dalam penjaringan anggota Paskibra di daerah tersebut di antaranya seleksi administrasi oleh Kesbangpol, tes kesehatan Dinas Kesehatan.

Selanjutnya, tes parade, samapta dan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dilaksanakan oleh Kodim dan PPI Polres setempat, serta wawasan kebangsaan dan intelejensi umum dilakukan secara daring. Sedangkan tes kepribadian dilaksanakan oleh Kesbangpol.

Kesbangpol Konawe mencatat dari 142 peserta seleksi calon anggota Paskibra tahun 2023, terdiri laki-laki 68 orang dan 74 orang perempuan.

Ratusan siswa tersebut perwakilan dari SMAN 1 Sawa 11 orang; SMAN 1 Lembo berjumlah 10; SMKN 1 Konawe Utara berjumlah 9; SMAN 1 Lasolo berjumlah 16; SMAN 1 Asera berjumlah 10; SMAN 1 Oheo berjumlah 7; SMAN 1 Langgikima berjumlah 4; dan SMAN 1 Wiwirano berjumlah 7 orang.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024