Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan kilat masih menghantui beberapa wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara (Sultra)

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Rabu, menyebutkan kondisi cuaca wilayah Sultra hari ini hingga Kamis esok masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang.

"Memang ada beberapa wilayah di Sultra yang berpotensi hujan sedang hingga kilat dan petir dan angin kencang diperkirakan terjadi dengan intensitas yang berbeda," ujarnya.

Adapun wilayah yang diperkirakan hujan dan disertai petir dan angin kencang seperti di Kabupaten Konawe, Muna, Buton, Konawe Selatan, Bombana, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna Barat dan sebagian di Kota Kendari.

Di Kabupaten Konawe misalnya diperkirakan hujan sedang di wilayah kecamatan Sampara, Soropia, Bondoala, Meluhu, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare, Kabupaten Muna di wilayah kecamatan Napabalano, Maligano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Kontunaga, Kabangka, Kabawo, Parigi, Bone, Tongkuno, Pasir Putih, Kontu Kowuna, Pasi Kolaga, dan kecamatan Batukara.

Kabupaten Buton di kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, Kabupaten Konawe Selatan pada wilayah kecamatan Laonti, Moramo Utara, Kabupaten Bombana di kecamatan Rarowatu, Rumbia, Kabaena Timur, Mata Oleo, Poleang Tenggara, dan Kabaena Tengah, Kabupaten Konawe Utara di Lasolo, Lembo, Sawa, Motui, Wawolesea, Kabupaten Buton Utara: Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan kecamatan Wakorumba Utara.

Begitu pula di Kabupaten Konawe Kepulauan meliputi kecamatan Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Kabupaten Muna Barat: Sawerigadi, Barangka, Lawa, Wadaga, Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Kepulauan, Kusambi, Napano Kusambi, Kota Kendari di wilayah Mandonga, Kendari Barat, Puuwatu, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah lain seperti di Kabupaten Konawe yang meliputi wilayah kecamatan Tongauna, Anggaberi, dan Tongauna Utara," tuturnya.

Olehnya itu ia mengimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas ke luar untuk tetap waspada karena cuaca akhir-akhir ini masih tergolong ekstrem yang sering alami perubahan.

Adapun suhu udara yang terjadi antara 23 - 33 derajat celsius dengan kelembaban udara 65 - 95 persen, dan kecepatan angin bertiup dari Tenggara - Barat Daya per 2 - 30 kilo meter per jam.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024